Thursday, May 10, 2018

Bela Diri Untuk Bela Islam


Oleh : Meltalia


Baru saja memperingati Hari Pendidikan pada tanggal 2 Mei, selang sehari tepatnya 3 Mei 2018 pada acara pelepasan siswa-siswi salah satu sekolah tingkat pertama dikabupaten Berau Kalimantan Timur berduka. Seperti dilansir beraunews.com, Pelepasan santri kelas IX MTS Al-Kholil Kelurahan Sambaliung, Kamis (03/05/2018) kemarin, berbuah duka. Pasalnya, momen yang dibalut atraksi bela diri dilindas mobil dari Perguruan Pencak Silat Pagar Nusa itu, menyebabkan Rangga (16) meninggal dunia, dan hingga saat ini, peristiwa ini terus diselidiki jajaran Satreskrim Polres Berau. (4/5/2018)

Dari rekaman video yang beredar, 6 remaja berbaring diatas papan dengan posisi telungkup dan tangan dikepala. Kemudian mobil pik up berjalan diatas tubuh mereka. Tidak bisa lagi digambarkan bagaimana kelanjutan video tersebut. Menyaksikan video itu membuat napas sesak. Belakangan diketahui identitas korban adalah remaja asal Samarinda.

Sob, bagaimana pun atraksi tersebut berbahaya, sekali pun dilakukan oleh orang yang sudah ahli. Islam melarang melakukan sesuatu yang menzholimi tubuh sendiri apalagi sampai membahayakan dan menghilangkan nyawa. Sebagaimana hadist dan firman Allah Swt berikut:

“Wahai para hamba-Ku, sesungguhnya telah AKU haramkan atas diri-KU perbuatan zhalim dan Aku jadikan ia diharamkan di antara kamu; maka janganlah kalian saling berbuat zhalim.” (HR Muslim)

“......Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.” (QS. An-Nisa’ : 29)

Ilmu bela diri memang salah satu olahraga yang banyak diminati oleh kalangan remaja.  Remaja sebagai generasi penerus bangsa ini tentu harus memiliki tubuh yang kuat dan sehat. Sehingga olahraga ini bisa menjadi pilihan, karena selain membuat tubuh kuat dan sehat, juga untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi musuh-musuh. Allah berfirman : 

“Persiapkanlah untuk menghadapi mereka, segala kekuatan yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah dan musuhmu.” (QS. al-Anfal: 60)

Bela diri ini tentu boleh dilakukan sob, dan ingat sob semua amal tergantung dari niatnya. Ketika latihan bela diri dilakukan dalam rangka menyiapkan diri untuk membela kebenaran, terutama untuk membela agama Allah dan Rasulnya, insya Allah bernilai pahala. Namun jika sebatas hobi dan yang penting happy, jelas tidak ada sisi pahalanya. Dan yang lebih penting, jangan sampai latihan bela diri ini mengantarkan kepada kemaksiatan, seperti ingin memiliki kekuatan dan kesaktian ya sob. Jelas ini sudah melanggar hukum syara’.

Sobat sebagai generasi muda penerus bangsa ini, yuk mari kita sama-sama belajar ilmu bela diri dibarengi juga belajar ilmu agama, agar aktifitas kita tidak sia-sia. Karena niat harus sejalan dengan perbuatan, agar niat dan perbuatan mendatangkan pahala bukan petaka, maka harus mengkaji ilmu agama islam yang telah diwajibkan pada setiap muslim untuk mempelajarinya sob. So, yuk bekali diri belajar ilmu bela diri untuk membela Islam kelak.

Wallahu a’lam bisshowab



Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!