Wednesday, May 16, 2018

Banyak Jalan Menuju Surga


Oleh : Lita Lestiani


Surga tempat dimana semua muslim sangat menginginkannya. Dan dunia adalah jembatannya. Allah SWT menciptakan bumi dan seisinya sebagai jalan ujian untuk manusia. Akan kemana setelah hari akhir kita ditempatkan, sangat tergantung dengan apa yang telah kita lakukan di dunia. 

Karena dunia adalah tempatnya manusia diuji. Yang kita inginkan tentu lulus menjalaninya. Untuk bisa lulus harus belajar. Mencari tau ilmunya.  Bagaimana caranya agar kita semua bisa menjadi penghuni surga-Nya. Jalan menuju surga memang tak mudah tapi akan menjadi kenikmatan bagi orang yang selalu istiqomah dan berupaya dengan keimanan untuk meraihnya. 

Beribadah itu banyak godaannya.  Jika dunia tempat manusia di uji.  Syaitan pasti akan selalu menghalangi jalan kita untuk bertaqwa (Menta'ati semua yang Allah perintahkan dan menjauhi larangan-Nya). Untuk itu sebaiknya kita selalu berdo'a agar Allah mudahkan jalannya.  

Indahnya Surga memang diluar nalar manusia. Karena kita belum pernah singgah disana. Tapi setidaknya ayat alqur'an di bawah ini menggambarkan betapa luar biasanya keadaan di surga. Membuat siapapun pasti merindukannya. 

“Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang beriman dan berbuat kebajikan, bahwa untuk mereka (disediakan) surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Setiap kali mereka diberi rezeki buah-buahan dari surga, mereka berkata, “Inilah rezeki yang diberikan kepada kami dahulu.” Mereka telah diberi (buah-buahan) yang serupa. Dan di sana mereka (memperoleh) pasangan-pasangan yang suci. Mereka kekal di dalamnya.” (Al-Baqarah 25)

Ayat tersebut menjadi kabar gembira bagi orang yang bertaqwa. Keindahan dan kenikmatan surga yang digambarkan semakin menambah semangat untuk meraihnya.

Banyak jalan atau amal kebaikan yang bisa kita lakukan untuk menuju surga. Selain amalan utama yaitu Sholat menyembah Allah SWT dengan tidak menyekutukan Dia dengan apapun (Tauhid). Inilah diantaranya amalan-amalan  yang bisa mengantarkan kita sampai disana. 

 1. Bersahabatlah dengan Al-qur'an

 Menjadikan Alqur'an tak sekedar hiasan. Tak hanya sebuah kitab yang kita percayai. Tetapi dibaca,  difahami dan diamalkan isinya. Allah SWT menjanjikan bagi siapa saja yang membacanya maka untuknya 10 pahala kebaikan dalam setiap hurufnya. Belum termasuk memahami dan mengamalkannya.  

Abdullah bin Umar menuturkan bahwa Rosulullah SAW bersabda : “akan dikatakan kepada para pembaca Alqur’an pada hari kiamat. Bacalah, naiklah beberapa derajat (di Surga)sesungguhnya kedudukan kamu ada di akhir ayat yang kamu baca “ (HR.Imam Tirmidzi dan Abu Dawud)

2. Menjaga Lisan

Menjaga lisan adalah pokok kebaikan. Kemulian akan di raih jika kita bisa mengontrol lisan. Jangan bermaksiat dengan lisan semisal berghibah, berbohong, bersaksi palsu,  berkata jorok dsb. Sebelum berbicara pikirkanlah apa yang akan kita ucapkan. Sampaikanlah jika mengandung kebenaran dan kebaikan. Hindari obrolan yang tidak bermanfa'at.  Agar waktu tidak sia-sia dan kita merugi. 

Rosulullah bersabda : " Yang paling banyak memasukkan manusia ke neraka adalah dua rongga : mulut dan kemaluan(HR Ahmad dan At-Tirmidzi) 

3. Bersedekah

Menginfakan harta kita di jalan Allah juga merupakan salah satu jalan kebaikan yang akan mengantarkan kita menuju surga-Nya.  Bersedekah dalam keadaan sempit atau lapang. Menyisihkan sebagian harta untuk orang yang membutuhkan. Bersedekah dalam kondisi kurang atau berlebih sesuai dengan kemampuan kita.  

" Dan bersegeralah kalian mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnga seluas langit dan bumi, dimana surga itu telah disediakan bagi orang-orang yang bertaqwa. (Yaitu)  orang yang berinfak, baik diwaktu lapang maupun sempit, orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan. "(QS. Ali-Imron:133).

4.Berpuasa di bulan Ramadhan

Berpuasa di bulan Ramadhan juga merupakan amalan yang di rindu syurga. Berpuasa yang tidak hanya sekedar menahan haus dan lapar tetapi juga menahan hawa nafsu agar tidak bermaksiat kepada Allah SWT. Bahkan Allah pun menjanjikan bagi siapa saja yang berpuasa dengan hanya mengharap Ridho dan pahala dari-Nya maka akan diberikan pengampunan atas dosa yang telah lalu. 

Sahl bin Sa'ad RA berkata bahwa Nabi Muhammad SAW telah menceritakan keistimewaan yang akan kita dapatkan jika berpuasa di bulan Ramadhan. 

"Sesungguhnya, pada hari kiamat di surga ada pintu bernama Ar Rayyan, tempat masuk orang yang puasa. Tidak dapat masuk melalui pintu itu kecuali orang yang berpuasa, yang dipanggil oleh penjaganya: 'Dimana mereka yang berpuasa?'. Tidak dapat masuk ke situ kecuali mereka saja, dan apabila telah selesai, maka ditutup, tidak ada yang bisa masuk lagi seorang pun," (HR Bukhari dan Muslim).

Begitu banyak jalan yang Allah berikan untuk mencapai Surga-Nya.  Semoga kita semua diberikan kemudahan dalam beramal sholih dan berada di antara golongan orang-orang yang di rindukan Surga. Aamiin Yaa Robbal Alamin



Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!