Tuesday, May 1, 2018

Antara Syari'at dan Adat Istiadat




Oleh: Zulia Adi K, SE (Pemerhati Remaja)

Sobat, kamu bangga nggak sih hidup di Indonesia. Tanahnya subur, ditanam tanaman apapun oke. Lautnya luas and lihat kekayaan lautnya sobat! Uih... apalagi  tambangnya. Fantastis, sobat. Makanya Indonesia dikenal sebagai gemah ripah loh jinawi.

Di samping itu, sobat,  Indonesia juga terdiri dari berbagai suku, masing-masing mempunyai adat istiadat yang berbeda-beda, misalnya tarian adat, lagu adat, senjata adat dan baju adat. Kamu sebagai remaja smart zaman now pasti tahu untuk masalah itu. Kalau nggak tahu, buka tuh buku PKN atau IPS kamu!

Nah, berbicara masalah baju adat kayaknya nyambung deh dengan puisi Ibu Sukmawati yang melukai umat Islam yang berjudul Ibu Indonesia. Ya, salah satunya masalah konde yang merupakan adat jawa pelengkap baju bagi wanita, yaitu kebaya dan jarit terus rambutnya dikonde. Kalau zaman old masih banyak sih para wanita daerah jawa memakai pakaian begituan, tapi seiring berkembangnya zaman sudah sangat jarang dipakai. Paling juga kalau sudah nenek-nenek, tapi bagi nenek-nenek yang modern juga nggak pakai pakaian kayak gitu. Apalagi kamu-kamu yang masih remaja bisa histeris kalau suruh pakai kebaya plus jarit and rambut dikonde kayak emak-emak. Kalau pun mau, terpaksa karena pas ngerayain Hari Kartini.

Satu lagi isi puisi Ibu Sukmawati yang melukai hati umat Islam yaitu bahwa lagu kidung lebih merdu dari suara adzan. Waduh, parah deh, sobat. Tapi kita-kita harus maklum lah dalam puisinya. Ibu Sukmawati kan bilang kalau beliau tak tahu syari'at Islam. Waduh, gimana sobat udah baligh lama tapi tak tahu syari'at. Lha, kamu-kamu yang masih remaja semangat yuk untuk kaji Islam biar tahu syari'at Islam dan tentu mengamalkannya karena itu kewajiban bagi setiap muslim yang telah baligh. Yuk, semangat!

Mengenai konde dan lagu kidung, yup, itu merupakan bagian dari adat istiadat yang ada di Indonesia dan tentu sebagai warga Indonesia kita juga menghargainya. Tetapi, kalau permasalahannya adat istiadat disejajarkan dengan syari'at Islam, lha, ini ada hal-hal yang perlu diperhatikan, sobat!

Karena kita umat islam, tentu kaca mata yang kita pakai adalah syari'at Islam, bukan adat istiadatnya, sobat.

Lantas gimana sih adat istiadat dalam pandangan syari'at Islam?

Yup, dalam pandangan syari'at Islam, kalau memang adat istiadat itu tidak bertentangan aturan Islam, no problem. Nggak masalah. Akan tetapi, jika adat istiadat itu bertentangan dengan syari'at Islam, lha, ini yang bermasalah karena hal itu dilarang alias tidak boleh dilakukan, bahkan hukumnya bisa ke haram. Misalnya, ketika wanita sudah baligh kok keluar rumah pakai baju kepaya plus jarit tambah rambutnya dikonde, aduh, jangan deh. Itu dosa. Karena dalam syari'at Islam, wanita yang sudah baligh harus mengenakan pakaian secara sempurna, yakni pakaian yang menutupi seluruh tubuhnya, kecuali wajah dan kedua telapak tangannya dan mereka hendaknya mengulurkan pakaian hingga menutup tubuh mereka. Itu semua sudah dijelaskan, sobat, dalam Al-Qur'an surat An-Nur ayat 31 yang artinya:

"Dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) tampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya..."

Gitu, sobat. Jadi, buat kamu-kamu remaja putri yang udah baligh haram hukumnya keluar rumah pakai konde harus pakai khimar alias kerudung.

Untuk masalah pakaian juga tidak boleh keluar rumah dengan kebaya plus jaritnya karena dalam al-Qur'an surat al-ahzab ayat 59 sudah dijelaskan,

"Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mu'min,' hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka..."

Jadi, intinya, sobat, yuk, belajar Islam. Kita jadikan Islam sebagai pedoman hidup kita. Jadi, dalam memandang suatu permasalahan kita menggunakan sudut pandang Islam. Yang pasti kita tidak akan tulalit terhadap ajaran Islam. Kita akan bisa memandang dengan benar bahwa ajaran Islam lebih indah dari apapun.

Yuk, semangat kaji Islam!

Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!