Tuesday, May 8, 2018

Anakku, Ada CCTV Allah yang Mengintaimu Setiap Saat


Oleh : Bunda Rizqy – Praktisi Pendidikan


Anakku, saat kalian menghadapi Ujian Nasional kemarin, ada CCTV yang dipasang disetiap sudut ruangan. Semua alat itu, untuk mengintai setiap gerak kalian selama di ruang ujian. Karena dikhawatirkan, kalian ada yang berlaku curang pada saat ujian berlangsung.

Para guru kalian menginginkan agar hasil yang keluar sesuai kenyataan apa adanya. Tidak ada yang mencontek teman, tidak ada membawa kerpekan, tidak ada perjokian, atau bentuk kecurangan lainnya.

CCTV itu hanya mengintai gerak-gerikmu pada saat kalian ujian saja. Setelah ujian selesai, maka selesai juga pengintaian itu. Hanya begitu saja kalian takut ? Buat apa takut ? Kalau kalian sudah belajar sungguh-sungguh dan menjadikan Allah tempat bersandar dan memohon pertolongan, harusnya tidak perlu ada ketakutan, sekalipun yang menjaga banyak, pengujinya galak, dan setiap sudut diintai dengan CCTV.

Yang harus kalian takuti adalah CCTV Allah karena akan mengintai di setiap gerak-gerik tubuhmu dan apa yang tersembunyi di hatimu juga akan terbaca lewat CCTV Allah. Bukan hanya pada saat tertentu saja tapi CCTV itu mengintaimu di setiap detik hidupmu.

“Jika kamu menyembunyikan apa yang ada dalam hatimu atau kamu melahirkannya, pasti Allah Mengetahui. Allah mengetahui apa-apa yang ada di langit dan apa-apa yang ada di bumi dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu”. (QS. Al Imran: 29)

Anakku, maka dari itu hendaklah kalian harus selalu memperhatikan setiap aktivitasmu agar tidak menyimpang dari aturan yang sudah diberikan Allah. Dengan kata lain, hendaklah setiap aktivitas hidup kalian berlandaskan kepada syariat Allah swt yang berupa al Qur’an dan as Sunnah dan mengikuti teladan Rasulullah saw.

Jadi perilaku untuk jujur, amanah, sopan santun, dan hal-hal baik lainnya, hal itu tidak dilakukan pada saat kalian menghadapi ujian saja, tetapi di setiap saat, di setiap detik hidupmu.

Ingatlah, setiap gerak gerik kita akan selalu dimintai pertanggungjawaban oleh Allah swt.

" Tidak akan bergeser kedua kaki anak Adam di hari kiamat dari sisi RabbNya, hingga dia ditanya 5 perkara yaitu

* tentang umurnya, untuk apa dia habiskan

* tentang masa mudanya, untuk apa dia gunakan

* tentang hartanya, dari mana dia dapatkan dan kemana dia belanjakan

* tentang ilmunya, apa saja yang telah diamalkan dengan ilmunya ". ( HR Tirmidzi No 2416 )

Baiklah anakku, ini pesan yang ingin ibu tambahkan buat kalian. Ibu tekankan lagi, hendaknya yang layak untuk kalian takuti itu adalah Allah swt, bukan manusia.


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!