Tuesday, May 15, 2018

5 Kiat Sukses Ramadhan


Oleh : Lulu Nugroho (Anggota Komunitas Revowriter) 


Yeiyeyeii, Ramadhan datang!! Marhaban ya Ramadhan. Senangnya bertemu Ramadhan lagi. Sahabat Remaja Islam Hebat senang juga kan?! Pasti senang. Yuk kita pelajari kiat-kiatnya, supaya Ramadhan kali ini sukses. Suksesnya seperti apa ya sahabat? Ada dalam firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala di quran surah Al Baqarah ayat 103, "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa". 

Oh.. jadi, target sukses Ramadhan kita adalah takwa. Takwa adalah percaya terhadap Allah dengan cara mengerjakan semua yang diperintahkan dan menjauhi laranganNya.

Apa saja kiat sukses Ramadhan:

1. Persiapan

Karena Ramadhan bulan spesial, banyak bonus pahala dan jaminan diampuni dosa. Maka rugi jika bulan ini berlalu begitu saja tanpa ilmu dan upaya yang maksimal. Persiapan apa saja yang harus dilakukan? Banyak. Menjaga mata, lisan, perbuatan dan pendengaran kita dari hal-hal yang dilarang Allah. Lebih bagus lagi jika persiapan ini kita lakukan sejak Bulan Sya'ban. Kondisikan diri kita seolah-olah sudah berada di dalam Ramadhan. Bagaimana jika Bulan Sya'bannya sudah berlalu? Tetep bisa koq, caranya dengan mempersiapkan diri kita setiap harinya. Usahakan terus supaya ada perbaikan dari waktu ke waktu.

2. Perencanaan

Lakukan perencanaan untuk mencapai takwa. Lanjutan dari persiapan tadi ya sahabat RIH. Jaga mata, lisan, perbuatan dan hati kita agar taat pada Allah. Rencanakan aktifitas ibadah. Mau ikut kajian dimana, mau menghafal surat apa, rencanakan semua. Pastikan bahwa perencanaan ini terukur, dan kita mampu mengerjakannya.

3. Pengorganisasian

Buat daftar, lalu tempel di dinding kamar atau dekat meja belajar. Tulis di situ tentang berbagai aktifitas ibadah seperti: shalat yang 5 waktu, shalat sunnah, tilawah, datang ke majelis ilmu, dan lainnya. Tandai dengan centang biru setiap kali sudah kita kerjakan. Dan beri lingkaran merah jika tidak kita kerjakan. Pengorganisasian memudahkan kita untuk melihat seberapa besar progres kita.

4. Pelaksanaan

Lakukan semua yang sudah kita rencanakan dengan sabar dan sungguh-sungguh. Fokus untuk tercapainya target, yaitu menjadi manusia yang bertakwa. Niatkan lurus hanya untuk Allah, bukan untuk yang lainnya. Ingat keutamaan dari takwa, sebagai janji dan kabar gembira dari Allah. Pacu terus badan kita untuk ringan beribadah kepada Allah. Dan jangan lupa berdoa agar dimudahkan dan dibantu Allah selama Ramadhan.

5. Evaluasi

Ini dilakukan di akhir Ramadhan. Kita sendiri yang mengukurnya. Lakukan muhasabah, apakah kita masih merasa berat beribadah kepada Allah. Bagaimana penjagaan kita terhadap mata, lisan, pendengaran dan perbuatan? Apakah masih berada dalam penjagaan Islam? Bagaimana shalat sunnah kita, masih dikerjakan dengan terpaksa atau dengan senang hati? Bagaimana dengan aktifitas menuntut ilmu? 

Bila perlu, buat lagi daftar aktifitas ibadah selama Bulan Syawal seperti daftar yang kita buat di Bulan Ramadhan. Perhatikan, apakah banyak centang biru, atau sebaliknya banyak lingkaran merah. Jika belum muncul perubahan dalam diri kita, berarti kita sudah bergeser dari target Ramadhan. Maka perlu upaya lebih keras agar tercapai derajat takwa. Segeralah perbaiki diri, terus dan terus tanpa henti agar kita menjadi remaja Islam yang tangguh. Selamat menikmati Ramadhan ya..






Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!