Yuk Taat Syariah

Oleh: Minah, S.Pd.I
(Pengajar/Praktisi Anak dan Remaja, Anggota Komunitas Revowriter)



Ketika manusia mengarungi kehidupan dunia, mereka pasti membutuhkan arah dan tujuannya dalam kehidupan. Allah Sang Pencipta manusia, dan manusia wajib menjalankan aturanNya. Allah tidak sekedar menciptakannya, namun Allah juga mengatur kehidupan kita, agar kita nggak salah arah. Menjalani kehidupan sesuai dengan yang diperintahkan Allah.

Dalam Islam, kita diperintahkan untuk bersegera melaksanakan syariat Allah. Karena kita Islam maka harus ikut aturan Islam. Oleh karena itu, kita wajib tunduk dan taat kepada Allah. Jika Allah memerintahkan kita untuk sholat, menutup aurat, berbuat baik, dan lain sebagainya. Maka kita harus taat dan bersegera melaksanakannya. Sama halnya ketika Allah mewajibkan seorang wanita untuk menutup aurat maka kita harus segera menutup aurat. Tidak ada kata nanti, tapi harus segera taat pada aturan-aturan Allah.

Firman Allah swt “ dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa.” ( QS. Ali-Imran : 133)

Dari dalil alquran diatas menunjukkan bahwa kita sebagai hamba Allah, harus taat pada syariah Allah, begitu banyak nikmat-nikmat yang diberikan Allah kepada kita, justru kita harus bersyukur dengan tunduk dan taat padaNya.

“ Sesungguhnya jawaban orang-orang Mukmin bila mereka dipanggil kepada Allah dan RasulNya agar Rasul menghukum (mengadili) diantara mereka, ialah ucapan, “Kami mendengar dan kami patuh.” Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung. Dan barangsiapa yang taat kepada Allah dan RasulNya dan takut kepada Allah dan bertakwa kepadaNya, maka mereka adalah orang-orang yang mendapat kemenangan.” (QS. An-Nur : 51-52).

… Maka jika datang kepadamu petunjuk daripada-Ku, lalu Barangsiapa yang mengikut petunjuk-Ku, ia tidak akan sesat dan tidak akan celaka. Dan Barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, Maka Sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam Keadaan buta". berkatalah ia: "Ya Tuhanku, mengapa Engkau menghimpunkan aku dalam Keadaan buta, Padahal aku dahulunya adalah seorang yang melihat?" Allah berfirman: "Demikianlah, telah datang kepadamu ayat-ayat Kami, Maka kamu melupakannya, dan begitu (pula) pada hari ini kamupun dilupakan". (QS. Thaha:123-126).

Subhanallah, tunggu apalagi? Yuk bersegera taat kepada Allah sebelum ajal menghampiri. Tidakkah merasa bahagia jika Allah memberi balasan berupa surga bagi yang taat padaNya? Betapa banyak nikmat yang Alllah berikan kepada kita, sudah sepantasnya kita patuh pada aturanNya. Karena kita Muslim, maka jawaban orang Muslim saat diseru oleh Allah agar menjalankan aturanNya yakni kami dengar dan kami patuh. Walaupun kebanyakan dari kita sudah tahu apa yang wajib dilakukan sebagai seorang Muslim, namun dia enggan taat pada Allah. Astaghfirullah.

Oleh karena itu, yuk taat pada syariah Allah, agar Allah ridho dengan segala perbuatan kita, dan jika Allah ridho Allah janjikan surga bagi hambaNya yang taat. Yuk bersegera melaksanakan syariah Allah yakni dengan tunduk dan taat pada aturan-aturan dari Allah. menjalankan semua perintah Allah dan menjauhi segala apa yang Allah larang. Tidak ada kata nanti, namun harus bersegera melaksanakan syariahNya. Wallahua'lam.

Post a Comment

0 Comments