Terlambat Gak Bikin Telat

Oleh: YuyunH2I
Komunitas revowriter



Setiap orang pasti pernah ngalamin yang namanya terlambat? Misal, terlambat datang ke sekolah. Ketika bel masuk berbunyi, pager sekolah udah di gembok. Dengan alasan-alasan jidu yang lontarkan ke penjaga sekolah atau sekedar nulis keterangan alasan untuk tidak mengulangi lagi. Akhirnya bisa lolos juga. Jangan di tiru ya hehe. Tapi kamu masih bisa mengikuti KBM (kegiatan belajar mengajar).

Bisa disimpulkan ya walaupun kamu terlambat datang tapi kamu masih bisa mengikuti kelas. Artinya kamu masih bisa menerima ilmu walaupun harus diintrogasi dulu sama gurunya hehe. Atau masih banyak contoh yang lainnya, terlambat kajian, terlambat daftar ulang dll. Atau kamu mau daftar sekolah di semester ke dua, yang ada kamu di tolak secara halus. Atau disarankan mencari sekolah yang lain. Yang bener aja masa daftar sekolah di semester ke dua hehe..

Nuntut ilmu gak ada kata terlambat

“Mencari ilmu itu hukumnya wajib bagi muslimin dan muslimat”(HR. Ibnu Abdil Bari)

Allah mewajibkan kita untuk menuntut ilmu mau anak-anak ke, remaja ke, dewasa ke, tua ke. Mau di daerah pegunungan, padang pasir daerah kutub, rela nyebrang samudra, lautan demi mendapatkan ilmu. Mau zaman old atau zaman now pokonya wajib. Islam juga sangat memuliakan orang-orang yang berilmu.

Artnya: Hai orang orang yang beriman jika dikatakan kepadamu berlapanglah di majlis, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberikan kelapangan bagimu, Dan apa bila dikatakan Berdililah kamu maka niscaya berdirilah, Niscaya Allah akan meninggikan derajat orang-orang  yang beriman dan berilmu diantara kamu beberapa derajat, Dan Allah maha mngetahui apa yang kamu kerjakan (Al-Mujadalah: 11)

Mencari ilmu terutama ilmu agama ya, sangat penting. Sob, tau g rasul kita yang super duper sibuknya, ngurusin umatnya yang banyak, panglima perang atau panglima TNI, menteri keuangan, istrinya banyak tapi masih menyempatkan buat belajar ke malaikat jibril. Sedangkan kita, gak ngurusin umat bukan panglima TNI bukan menteri, istri/suami satu malah banyak yang masih jomblo hehe tapi gak menyampatkan untuk menuntut ilmu. Aduh kita sok sibuk amat sih. #TepukJidat

Segera mulai

Jangan banyak mikir yang mau kita lakukan itu kebaikan, segera mulai jangan gimana nanti, tapi nanti gimana ya. Sobat, masih ingetkan rumus 3 M, rumus yang inyallah bisa kita segera dalam menuju ketaatannya. 

Mulai dari diri sendiri

Memulai dengan yang kita bisa lakukan yang menurut kita paling mudah. Misal ketika kita sudah tau ilmunya menutup aurat yang syar'i itu seperti apa, kita terapkan sama diri kita sendiri. Jadi, ilmu yang kita dapet kita aflikasikan pada diri kita dulu.

Mulai dari hal yang kecil
 
Kalau kamu belum bisa baca alquran belajar dulu huruf ijaiyah jangan dulu belajar pingin tahfidz. Itu harus melalui proses. So, lakukan dari yang kecil yaitu belajar baca huruf hijaiyah dulu. Dengan melalui proses kamu pasti bias ko, baca quran dan inyallah bisa tahfidz juga karna beriringnya menuntut ilmu.

*Mulai dari sekarang*

Jangan nunggu nanti karna maut gak nunggu nanti. Jangan menunggu nanti untuk taat. Nanti aja deh nuntut ilmunya kalau lagi gak sibuk, sesibuk apa sih kesibukan kita hingga membuat kita gak menyempatkan. Nanti aja nuntut ilmunya kalau udah tua, emang bisa jamin usia kita bisa nyampe tua gitu. Sob, nuntut ilmu di masa tua itu akan berbeda outputnya ketika kita belajar sejak dini.


Menuntut ilmu gak ada kata terlambat walaupun usia tak lagi muda selama masih bisa bernafas, yang telat itu ketika kita sudah gak bernapas lagi yang ada hanya penyesalan yang tak berarti. 
Sobat, Contoh nih ya, ustad felix siauw yang diusia dewasa baru menemukan cahaya islam dan memeluk agama islam sebagai agama barunya. Beliau belajar islam gak di usia anak-anak. Tapi pemahaman islamnya melebihi kita yang sejak lahir udah islam. Itu kalau ngomongin usia. So, usia jangan dijadikan alasan telat buat nuntut ilmu. Ok!

Sahabat Rasull ada loch yang masuk islam bukan di usia muda. Yap. Abu Bakar ash Shiddiq memeluk islam pada usia 37 tahun. Tetep semangat menuntut ilmu. Masuk islam pada usia tersebut tidak tuh yang namanya minder, malu dll. Ketika udah masuk islam jadi orang pertama yang membela islam dan melindungi rasull. Keren kan! 

So. Usia jangan jadikan alasan ya. Tapi kita yang dari lahir udah islam dan sekarang lagi di masa remaja yuk, mumpung masih muda kita jadikan mencari ilmu itu suatu keharusan kalau kita pingin banget bahagia dunia dan akhirat.

“Barang siapa yang menghendaki kebahagiaan di dunia maka harus dengan ilmu, dan barang siapa menghendaki kebahagiaan akhirat maka harus dengan ilmu. Dan barang siapa yang menghendaki kebahagiaan keduanya (dunia dan akhirat) maka harus dengan ilmu (H.R. Thabrani)” 

Semua ada ilmunya ketika menginginkan kebahagian di dunia saja harus ada ilmunya apalagi kebahagian hidup di akhirat, kehidupan kita yang abadi perlu banget ilmu. So, nuntut ilmu terlambat gak bikin telat. Wallahu a’alam.

Post a Comment

0 Comments