Spirit of Hijrah



Oleh: Nurul Ismi,S.Pd.I

(Ketua Komunitas Muslimah Muda Ketapang)

“Cantik ya kerudungmu beli dimana?”, Sobat pernah dengar kalimat seperti ini, pasti pernah donk? atau ada yang bilang kaya gini “Akhi, kaos komunitas kalian keren ya?”
Alhamdulillah, belakangan ini banyak yang hijrah, dari seragam putih birusampai almamater terbaru,dari laki-laki maupun yang perempuan.
Perubahan tak kenal pada siapa saja, tak kalah ketinggalan publik figur pun membuka hatinya untuk melangkahkan kakinya berhijrah bahkan ada memilih hengkang dari dunia hiburan.

Setuju deh sama kamu yang ingin hijrah, tak kasih jempol yang banyak. Tapi ya bro and sis hijrah bukan berarti hanya berubah penampilan dari luar saja, koleksi sana koleksi sini, trend sana trend sini. Tapi perlu kita ulas, hijrah itu asal katanyaberpindah (al-intiqal) dari satu tempat ke tempat yang lain, dari satu keadaan ke keadaan yang lain, dari yang dulunya buruk berpindah baik. Dan penampilan yang serba baru bukan syarat utama untuk hijrah, Nah tapi bukan juga malah membiarkan penampilan kucel-kumeljuga, karena di dalam hadits juga dikhabarkan: “Agama Islam itu adalah (agama) yang bersih/suci, maka hendaklah kamu menjaga kebersihan. Sesungguhnya tidak akan masuk surga, kecuali orang-orang yang suci.” (HR. Baihaqi).

Sayangkan  jika hijrahmu sekedar ikut-ikutan atau trend aja, mengubah diri jangan setengah hati entar dapat pahala setengah juga lho, berubahlah secara kaffah seperti apa yang sudah difirmankan Allah dalam Qs-Al-baqarah: 208,  walau masih proses sertakan juga progresnya. Jangan hanya taat apa yang kita inginkan, taatlah apa yang syariat inginkan. Bukankah kita diperintahkan Allah SWT. UntukSami'na Wa Atho'na “kami dengar dan kami taat”.

Firman Allah SWT“Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sebelum mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (QS. Ar Ra’d [13]:11).
Ingin berubah? ya jangan tunggu sudah siap, hijrah dulu baru siap bukan siap dulu baru hijrah, entar keburu malaikat izrail lho yang siap menjemput kita, naudzubillah. Percaya deh, semua yang diatur pencipta di muka bumi ini pasti terbaik untukmu, karena Allah ingin mengatur hambanya sesuai fitrah, menentramkan jiwa dan memuaskan akal.

Hijrah bukan berarti kita gak punya aib, bukan juga kita sempurna tapi sebagai makhluk kita optimis untuk mendapatkan jannah-Nya, tapi hijrah gak mungkin bisa hanya sendiri, bisa kebayangkan dikala cobaan menerjang dirimu, pasti gak akan kuat, beeeeerat!!!!. So untuk hijrahmu istiqomah mesti temukan komunitas yang benar-benar mengajakmu untuk taat kepada Allah, banyak berteman dengan orang-orang shalih/shalihah  pernah denger kan kalimat ini “Agama seseorang itu sebagaimana agama teman dan sahabatnya”. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Seseorang yang duduk (berteman) dengan orang shalih dan orang yang jelek adalah bagaikan berteman dengan pemilik minyak misk dan pandai besi. Jika engkau tidak dihadiahkan minyak misk olehnya, engkau bisa membeli darinya atau minimal dapat baunya. Adapun berteman dengan pandai besi, jika engkau tidak mendapati badan atau pakaianmu hangus terbakar, minimal engkau dapat baunya yang tidak enak.

Islam tidak melarang tentang pakaian kita, namun Islam mempunyai konsep nan indah terkait hijrah yang bukan mengutamakan hanya penampilan. kita berhijab saat ini, merupakan keputusan atau pilihan kita yang akan berbuah pahala atau dosa di yaumul hisab. Nah, berhijrah secara fisik sudah mantap deh, tapi kudu diluruskan lagi niat dan cara berhijabnya agar sempurna mendapatkan nilai pahala dihadapan Rabb mu. Begitu juga dengan pemahaman kita tentang Islam, kita mengkajinya agar pemikiran dan perilaku kita terubahkan dengan Islam.

Selanjutnya kita tetap berdo’a dengan Allah agar kita terhindar dari godaan syaitan yang nyata maupun tak nyata hehehe.‘Ya Muqallibal Quluubi Tsabbit Qalbiy ‘Alaa Diinika’, “Wahai Dzat yang Maha Membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu.
Jangan lupa sebarkan apa yang sudah kita rasakan agar hijrahmu menjadi inspirasi bagi sahabatmu. Semoga istiqomah dan istimror agar malaikat gak susah mencatat amal baik dan buruk kita. Fastabiqul khairat!!!
Wallahua’lam

Post a Comment

0 Comments