Sikap Mental Produktif Seorang Muslim

Oleh : Siti Rahmah


Dear gaes,,,, memiliki sikap mental produktif sepertinya dambaan setiap orang terutama di kalangan remaja Islam. Produktif adalah suatu kegiatan yang menghasilkan sesuatu yang baru. Bermanfaat dan sesuai dengan hukum syara'. Sikap mental adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan batin dan watak manusia. So bisa di simpulkan sikap mental produktif adalah sikap hidup yang selalu berusaha ke arah perbaikan ( hari ini harus lebih baik dari pada hari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini). 
Tentu sikap mental produktif tersebut harus ada pada diri kaum muslim, yang senantiasa berusaha meningkatkan kemampuannya. Menjadikan hidupnya berkwalitas dari waktu ke waktu. Muslim seperti ini memahami bahwasanya hidup adalah proses penempaan diri untuk menjadi lebih baik dan berprestasi. Sikap mental seperti ini perlu di bangun, ditumbuhkan dan diciptakan. Sehingga seorang muslim mampu meningkatkat kwalitas dirinya dan meningkatkan potensi diri sehingga memiliki progres dalam setiap langkah kehidupannya.


Menumbuhkan Sikap Mental Produktif


Ada beberapa faktor yang akan mempengaruhi dan berkaitan dengan sikap mental produktif. Diantaranya adalah: Pertama adalah Motivasi hal ini menjadi faktor penentu di dalam menumbuhkan sikap mental produktif. Motivasi yang berasal dari dalam dirikita sendiri memiliki pengaruh besar dalam mewujudkan sikap mental yang produktif. Orang yang memiliki motivasi tinggi di dalam hidupnya dia akan lebih optimis dalam menjalani hidup. Dia tidak akan menyerah dengan tantangan yang menghadang, dia akan menjadikan setiap langkahnya berarti dalam meraih tujuan. 

Kedua adalah disiplin yaitu sikap taat dan patuh terhadap nilai - nilai yang dipercaya sebagai tanggung jawab. Hal ini penting terutama bagi seorang muslim, kedisplinan ini tentu sudah sejak lama di ajarkan. Sebagai contoh ketika seorang muslim memiliki tujuan ingin meraih Ridho Allah maka dia harus disiplin dalam pelaksanaan kewajiban yang sudah di perintahkan oleh Allah.
Ketiga seorang yang memiliki sikap mental produktif adalah dia yang kreatif yang memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah dengan kombinasi - kombinasi baru. Tidak di pungkiri seiring perkembangan jaman berbagai mqsalah pun muncul dengan varian - varian baru. Sehingga butuh kekreatifan dalam meramu solusi untuk menghasilkan kombinasi yang elegan dalam pemecahannya.

Keempat Inovatif tentu orang yang memiliki sikap mental produktif dia adalah seorang yang inovativ yang mampu mengeluarkan gagasan - gagasannya dalam berbagai persolan. Dia bukanlah orang yang plat dan monoton. Karya - karya baru terlahir darinya sebagai buah dari gagasan - gagasannya. 
Kelima yang mempengaruhi sikap mental produktif adalah sikap dinamis. Sikap dinamis adalah sikap mental yang mandiri dan penuh percaya diri. Mereka memancarakan antusiasme dan energi. Orang dengan tipe dinamis mengejar tujuan - tujuan mereka dengan aktif dan semangat. Tidak ada yang lebih mereka cintai selain tantangan

Keenam Profesional, tentu sikap ini di butuhkan dalam membentuk mental produktif. Karena orang profesional akan memiliki kemampuan tinggi sesuai dengan profesi atau pekerjaannya dan dia akan bertanggung jawab dengan hal itu. 

Ketujuh adalah jiwa juang. Orang yang memiliki mental produktif tentu dia bukan seorang pecundang yang mudah menyerah. Dia bukan orang yang pulang dengan kekalahanya, tapi dia adalah seorang pejuang. Yang pantang menyerah dengan tantangan yang di hadapi. Kalaupun dia mengelami kegagalan dia akan beranggapan itu adalah kemenangan yang tertunda.

Peran Pemuda Islam Jaman Now

Pemuda Islam yang di lahirkan di abad ini, tentu memiliki tanggungjawab yang besar terhadap agamanya. Pemuda yang menyaksikan langsung betapa Islam sudah di tinggalkan oleh penganutnya. Pemuda Islam ini harus memiliki misi mengembalikan ajaran Islam di tengah kehidupan. Tentu ini bukan tugas yang ringan. Hanya saja jika pemuda Islam ini adalah orang yang memiliki mental produktif, maka dia akan mengaplikasikan sikap mentalnya dalam kehidupan. Dia adalah sosok yang pantang menyerah dalam perjuangannya. Dia adalah sosok yang senantiasa menampilkan gagasan - gagasanya dalam mewujudkan perubahan. Kemudian dia akan berjuang untuk mewujudkan gagasan tersebut dalam kehidupan. Berbagai solusi di cari untuk memecahkan problem ummat yang demikian komplek. Jiwa juang yang ada padanya membuat dia tidak gentar dalam perjuangnya walaupun badai senantiasa menghadang.

Pemuda ini memiliki kesadaran akan posisi nya sebagi tonggak peradaban. Sehingga segala potensi di kerahkan untuk mewujudkannya. Inilah sosok pemuda sejati yang di damba Islam di jaman now. Pemuda yang mampu berfikir produktif yang bisa membawa ummat Islam meraih kebangkitan.
Waallahu alam

Post a Comment

0 Comments