Remaja Rawan Mabuk

Oleh : Ummu Azizah Fisikawati



REMAJA yang tak tahu syariat. Jalan hidup pun kian sesat, waktu yang digunakan untuk taat beribadah kini digunakan untuk maksiat. Masalah hidup yang kian ketat membuat remaja menjadi jahat, terjerumus dalam kenikmatan sesaat yang semakin menjerat.

Miras oplosanpun jadi pemikat, tak peduli malaikat pencabut nyawa mendekat yang penting nikmat bagi anak-anak remaja yang isi kantongnya rendah dengan harga murah langsung tenggak.

Miris memang setelah kita lihat anak-anak zaman sekarang. Banyak yang melarikan masalahnya ke arah yang tidak benar. Contohnya aja mabuk-mabukan. Ada yang mabuk dengan level high class dan ada yang mabuk dengan modal 5000 perak yang penting ngefly.

Kenakalan remaja berupa penyalahgunaan obat-obatan serta menenggak minuman keras (miras).Tak hanya sekadar mabuk minuman, lem, dan obat batuk kemasan (sachet) hingga mabuk air rebusan pembalut wanita dan popok bayipun menjadi tren baru di kalangan remaja zaman sekarang.

Mabuk air rebusan pembalut wanita dan popok bayi menjadi sangat ngetren dan dikonsumsi pagi, siang, dan sore. Terutama saat ngumpul ngumpul, biasanya diminum saat di luar rumah, di tempat yang sepi, penikmat mabuk pembalut biasanya anak anak SMP. Biasanya membeli pembalut di sebuah toko langganan yang menjual bebas barang-barang yang bisa disalahgunakan.

Pembalut diperas di wadah yang sama (panci), lalu siap diminum. Rasanya pahit, kelat setelah setengah jam meminum rebusan pembalut, mulai terasa mabuk. Sensasinya bisa dua hingga tiga jam. Mabuknya, lebih dari mabuk minuman beralkohol atau obat batuk kemasan. Mabuk juga bisa lebih lama jika ditambah menenggak minuman beralkohol.

Sensasi mabuk pembalut wanita?
Rata rata jenis pembalut yang biasa digunakan mabuk biasanya jenis wing dan warna pink. Kemudian, setelah dibuka dari bungkusnya, pembalut ini dimasukkan ke dalam panci berisi air lalu direbus sekitar satu jam. Setelah dirasa cukup, air rebusan didinginkan. Jika dikonsumsi sendiri, satu atau dua lembar pembalut. Tapi kalau beramai-ramai, biasanya merebus hingga lima lembar. Jika diperbesar dapat mengakibatkan si pemakai dapat tertidur nyenyak dan jika dinaikkan lagi dapat menimbulkan koma, dan kematian. Membuat seseorang menjadi labil, mudah marah, daya ingat menurun, bicara kaku, dan jalan sempoyongan. Menyebabkan halusinasi, sensasi melayang-layang, dan rasa tenang sesaat meski terkadang efeknya hanya bisa bertahan hingga 5 jam saja.

Selain itu, anak-anak remaja yang “ngelem” juga tidak merasakan lapar karena ada penekanan sensor lapar disusunan saraf otak. Berikut bahaya menghirup uap lem atau ngelem. Efek ngelem jangka pendek, denyut jantung meningkat, mual dan muntah, halusinasi, mati rasa atau hilang kesadaran, susah bicara atau cadel, kehilangan koordinasi gerak tubuh. Efek ngelem jangka panjang, kerusakan otak, mulai dari cepat pikun, kesulitan mempelajari sesuatu, dan parkinson, otot melemah, depresi, sakit dan mimisan, kerusakan saraf walaupun dihirup hanya sekali, namun efeknya sangat fatal jika telah melewati ambang batas yang bisa ditoleransi oleh tubuh. Menghirup uap lem bisa membunuh dalam seketika.

Dalam Islam minuman keras dan sesuatu yang memabukan sangatlah dilarang. Minuman keras adalah induk dari segala perbuatan keji (Usman RA.) 

"Firman Alllah SWT surat al-Maidah ayat : 90"


يآيهاالذين أمنوآإنّماالخمروالميْسِرُوالأنْصَابُ والأزْلاَمُ رجزٌ من عَمَلِ الشَّيْطَان فاجتنبوهُ.

عن إبن عمررضى اللّه عنه،قال رسول اللّه صلى اللّه عليه وسلم: كُلِّ مُسكِرٍخَمْرٌ وكُلِّ مُسكِرٍحرَامٌ ومَنْ سَرِبَ الخَمْرَ فىِ الدُّنْيا فمَاتَ وهوَيُدْمِنُهَا ولَمْ يَتُبْ لَمْ يَشْرَبْهَا فى الآخِره.

"Minuman haram setiap minuman yang memabukkan adalah khamer dan yang setiap memabukkan adalah haram. Barang siapa yang kecanduan minuman keras dan mati kemudian tidak bertaubat maka nanti ia tidak akan meminumnya di akhirat."

"Dari Mansur bin Ja’far, dari Asma bin Yazid RA. Rasulullah bersabda":


مَنْ شَرِبَ الْخَمْرَ فَجَعَلَهَافِى بَطْنِهِ لَمْ تُقْبَلْ صَلَاتَهُ سَبْعًا فَإِنْ هِيَ أَذْهَبَتْ عَقْلَهُ لَمْ تُقْبَلْ صَلَاتَهُ أَرْبَعِيْنَ يَوْمًا وَإِنْ مَاتَ مَاتَ كَافِرًا وَإِنْ تَابَ تَابَ اللَّهُ عَلَيْهِ وَإِنْ عَادَ كَانَ حَقًّا عَلَى اللَّهَ أَنْ يُسْقِيَهُ مِنْ طِيْنَةِ الْخَبَلِ.


"Barang siapa meminum minuman keras hingga masuk ke dalam perutnya maka tidak diterima shalatnya selama 7 hari, apabila meminum minuman keras sampai hilang akalnya (mabuk) maka tidak diterima shalatnya selama 40 hari, apabila ia mati, matinya dalam keadaan kafir, apabila ia bertaubat maka Allah akan menerimanya, apabila  ia mengulanginya lagi maka hak Allah nanti akan memberikan minuman dari darah campur nanah."

Wahai anak-anak remaja Islam, sadarkanlah dirimu agar kenal dengan syariat. Duduk dan merapatlah sebelum terlambat, jangan sampai tak tahu syariat hingga akhir hayat. Jadilah anak remaja bersyariat yang menuntut ilmu akhirat. Remaja yang penuh semangat menuntut ilmu sampai liang lahat, karena menuntut ilmu bagian dari ketaatan. 

"Adapun salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam shahihnya, dari hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu. Yang membahas menuntut ilmu, sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda":

وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ، وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ إِلَّا نَزَلَتْ عَلَيْهِمِ السَّكِينَةُ، وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ ، وَحَفَّتْهُمُ الْمَلَائِكَةُ ، وَذَكَرَهُمُ اللهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ

“Barang siapa yang menempuh suatu perjalanan dalam rangka untuk menuntut ilmu maka Allah akan mudahkan baginya jalan ke surga. Tidaklah berkumpul suatu kaum disalah satu masjid diantara masjid-masjid Allah, mereka membaca Kitabullah serta saling mempelajarinya kecuali akan turun kepada mereka ketenangan  dan rahmat serta diliputi oleh para malaikat. Allah menyebut-nyebut mereka dihadapan para malaikat.”

Jadilah bagian dari anak-anak remaja yang taat syariat hingga rajin shalat dan taubatnya tidak sesaat serta anti maksiat. Remaja yang memikat dengat ilmu yang bermanfaat yang membangun peradaban islam hebat bukan remaja yang kerjaannya mabuk-mabukan.

Post a Comment

0 Comments