Remaja Muslim Peduli Negeri

Oleh : Lulu Nugroho (Muslimah Revowriter, Pendidik Remaja Muslim)


Remaja muslim udah pada update info terbaru apa belum sih? Itu tuh, tentang karangan fiksi yang bilang bahwa Indonesia akan bubar tahun 2030 ?!

Kira-kira, hal apa yang ada di benak remaja ketika mendengar berita seperti ini. Apakah kemudian menjadi cemas? Atau senang? Atau woles aja. Enggak perlu tau dan nggak mau tau juga apa sih yang sebenarnya terjadi.

Saat ini menjadi perbincangan hangat tentang prediksi Indonesia bubar dari salah seorang tokoh terkemuka di negeri kita. Prediksi itu diambil dari 'Ghost Fleet' karya Peter W Singer dan August Cole. Novel yang mengisahkan tentang keunggulan teknologi militer dan cyber technology (CT) China yang melumpuhkan Amerika Serikat. Perang yang terjadi antara tiga negara raksasa: Amerika Serikat, Rusia dan China.

Bagaimana kita sebagai remaja muslim melihat fakta tersebut? Apakah kemudian kita percaya? Atau sikap apa yang sebaiknya kita ambil?

Bahwa Alquran sudah berabad-abad silam menunjukkan melalui kisah-kisah umat terdahulu yang melampaui batas. Kemudian Allah hancurkan mereka dan dikabarkan dalam Alquran sebagai pelajaran bagi umat yang datang sesudahnya. Ada beberapa contoh di sini:


1. Kaum 'Ad

Ahli sejarah dan arkeologis telah banyak menemukan kota-kota yang hilang. Ciri-ciri kota tersebut mirip dengan yang disebutkan Allah dalam Alquran tentang kaum yang dibinasakan. Bukti-bukti ditemukan para peneliti Barat tahun 1990an di sebuah wilayah Yaman yang dikenal dengan nama 'Ubar. Diduga kuat menara-menara dan tiang-tiang adalah situs kota kaum 'Ad yaitu Iram. Nabi Hud diutus kepada mereka. Kecerdasan dan teknologi, membuat mereka sombong, bengis dan zalim. Mereka gemar berbuat maksiat dan enggan mengesakan Allah.
2. Kaum Tsamud

Mereka memotong batu-batu besar di lembah, di bagian utara Jazirah Arab antara kota Madinah dan Syam. Mereka melubangi gunung untuk tempat mereka tinggal dan berlindung. Mereka zalim dan ingkar terhadap dakwah nabi Saleh. Maka Allah kirimkan halilintar yang dahsyat dan gempa bumi yang mengerikan sehingga kaum itu musnah.
3. Kaun Madyan

Kaum nabi Syuaib ini banyak melakukan kecurangan dalam perdagangan dan kemaksiatan. Maka kemudian kaum ini dihabisi Allah dengan hawa panas yang teramat sangat, tanpa ada satu tempat untuk berlindung.
4. Fir'aun

Adalah sosok pemimpin yang zalim, berbuat sewenang-wenang. Pemimpin yang banyak berbuat kerusakan terhadap rakyatnya. Maka akhirnya fir'aun pun ditenggelamkan Allah di Laut Merah. Dan atas izin Allah, tubuhnya ditemukan dan diabadikan sampai sekarang di museum mummi Mesir.

"Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Alquran itu bukanlah cerita yang dibuat-buat. Akan tetapi membenarkan kitab-kitab sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu. Dan sebagai petunjuk serta rahmat bagi kaum yang beriman". (QS.Yusuf: 111)

Pelajaran yang diberikan Alquran tentang umat-umat terdahulu dan bagaimana kemudian umat tersebut hancur, adalah kejadian yang selalu berulang sepanjang masa. Apakah umat di negeri kita termasuk golongan yang melampaui batas?

Kita bisa lihat kaumnya nabi Hud. Kesombongan membuat mereka menolak dakwah. Adakah terlihat hal ini di masa sekarang? Adakah kesombongan kaum 'Ad pada watak bangsa kita yang menolak ayat-ayat Allah dan mengkritisinya, bahkan mengganti dengan aturan buatan manusia?


Bagaimana dengan kaum tsamud yang merusak alam, apakah sama dengan yang dilakukan bangsa kita? 


Kaum Madyan yang senang melakukan penipuan dan kecurangan dalam perdagangan, adakah fenomena tersebut muncul di negeri kita? Lalu bagaimana gambaran pemimpin di negeri ini? Masihkah terlihat gambaran fir'aun pada sosok pemimpin-pemimpin kita? Pemimpin yang mengabaikan pengurusan rakyatnya. Sehingga kehidupan dirasakan serba sempit dan sulit.


Apakah Indonesia akan bubar tahun 2030 karena terkena imbas Perang Dunia III? Wallahu 'alam, dan hanya Allah yang Maha Mengetahui. Sebagai generasi muslim, kita dituntut untuk peka dan update fakta di sekitar kita. Sudah bukan waktunya laginya remaja cuek dan woles. Remaja punya peran dalam membangun negeri. Kemudian pelajari Islam sebagai sebuah aqidah dan syariat, terapkan dalam kehidupan keseharian kita. Ajak dan seru umat ke arah kebaikan. Karena di pundak remajalah beban amanah untuk menyelamatkan negeri, diberikan.

Post a Comment

1 Comments

ayo semangat said…
Assalamualaikum terimakasih informasinya,
saling bertukar informasi ini ada anak menderita penyakit langka ,Gea (3 tahun), mengidap Atresia Billier
jika berkenan silahkan kunjungi alamat ini https://goo.gl/s74kup
maaf jika kurang berkenan dalam penyampaian
wassalamualaikum