Jiwa Muda, Gelorakan Semangatmu

Oleh : Jasmyne Sabiya (Member Back To Muslim Identity) 



Sobat..
Mengelola masa bukanlah persoalan yang sederhana. Agak susah memang, rumit bahkan menyulitkan. Terlebih lagi masa yang dikelola adalah masa muda. Dibutuhkan ekstra perhatian dan konsentrasi untuk mengelolanya dengan baik. Benar bukan?

Kata orang masa muda itu adalah masa yang sangat bernilai. Karena tak bisa terganti dan tidak akan berulang. Segala potensi, minat, bakat, kemauan dan kemampuan berkumpul di dalamnya. Bahkan, masa muda itu dimana seorang manusia mulai mengawali kehidupan yang sebenarnya. Sehingga hal-hal yang dilakukan harus benar-benar diperhatikan dengan baik agar mencapai arah yang dituju dalam kehidupannya. Perfect.

Mengapa harus diperhatikan? Karena tidak dipungkiri bahwa banyak pemuda-pemuda zaman now yang salah arah, mereka disibukkan dengan tujuannya yaitu menuruti hawa nafsunya, semangat untuk mengejar dunia yang fana, meski harus merangkak didalamnya. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang berlepas diri dari agama Islam. Miris, padahal telah kita ketahui bahwa ditangan pemudalah letak sebuah kejayaan. Yang mana jiwa muda dan gelora semangatnya sangat dibutuhkan untuk membangun sebuah peradaban gemilang. Generasi penerus.

Sobat..
Sebagaimana para sahabat, mereka adalah generasi penerus yang sangat luar biasa disetiap zamannya. Dengan bersandar kepada Islam mereka memiliki jiwa muda dan gelora semangat yang luar biasa dalam mencapai cita-cita. Aqidah Islam yang telah terpatri didalam jiwa mereka menjadikan mereka pemuda-pemuda yang mengikuti syariat Islam secara sempurna, karena kemaksiatan hanya akan menjadi dosa dan penghalang meraih ridho-Nya. Tingginya keimanan mereka membuat mereka hanya mencintai Allah, Rasulullah, dan negeri akhirat. Karena mereka tau bahwa satu-satunya tujuan hidup mereka adalah, Jannah. MasyaAllah.

Nah sobat..
Kisah para sahabat yang terukir dengan tinta emas dalam sejarah patut kita teladani ya.. Diantaranya ada Muhammad al-Fatih, Salman Al Farisi, Mushab Bin Umair, Ammar Bin Yasir, dan banyak lagi para sahabat yang dimasa mudanya mereka adalah sosok pemuda hebat, pahlawan Islam. Yang namanya terkenang sepanjang masa. 

Dengan membaca sejarah kisah mereka, akan menjadi inspirasi dan pelajaran besar dalam hidup kita. Sudah sebaik apakah kita saat ini dibandingkan mereka? Sudah sebesar apa peran dan kontribusi kita untuk Islam? Merekalah yang layak untuk kita ikuti wahai sobat. Dimana kiprah mereka pada zamannya mampu berkontribusi untuk kejayaan Islam. Allahu Akbar!

Wahai sobat muda!
Sesungguhnya telah sampai seruan kepadamu. Kita adalah generasi yang dinanti, peran kita sangat dibutuhkan dan ditunggu untuk mengubah umat bisa bangkit kembali dari keterpurukannya dan kubangan ketergelincirannya. Sehingga mereka tersadar dari kelalaiannya dan kembali menuju kejayaan yang gemilang, yang pernah ada didalam genggaman.

Ayo pemuda gelorakan semangatmu!
Raihlah cita-cita sebagaimana orang-orang shalih meraih cita-citanya.
Allah SWT berfirman:

وَسَارِعُوْۤا اِلٰى مَغْفِرَةٍ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمٰوٰتُ وَالْاَرْضُ ۙ اُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِيْنَ 

"Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa,"
(QS. Ali 'Imran 3: Ayat 133)
Wallahua'lam

Post a Comment

0 Comments