Guru, Teladan Bagi Murid



Oleh: Minah, S.Pd.I
Pengajar, Muslimah  Peduli Generasi

Tak habis pikir, perlakuan murid zaman sekarang. kita pernah dikejutkan dengan murid yang memukul gurunya hingga berujung nyawa. Hanya dikarenakan ditegur gurunya agar memperhatikan pelajaran. Murid yang memukul gurunya dengan kursi, bahkan membentak dan mencaci maki, serta beberapa kasus-kasus yang lain, yang menghantarkan murid tidak meneladani gurunya.

Miris melihat murid di zaman sekarang.  Apa yang dia pikirkan hingga berlaku demikian. Belum lagi saat siswa yang diingatkan malah marah dan membentak gurunya.

Dulu, kita begitu hormat dengan guru bahkan saat bertemu, mengucapkan  salam dan berupaya  untuk sopan terhadapnya.

Sejatinya guru itu adalah teladan bagi murid-muridnya. Bersikap  sopan dan lemah lembut dalam berucap. Betapa sedih dan pilunya hati, saat melihat kondisi dan sikap murid sekarang, banyak yang tidak  sopan terhadap guru-gurunya, membentak bahkan sampai ada yang memukul gurunya. Yang lebih miris hingga nyawa melayang. Astaghfirullah.

Padahal guru terus berusaha mengajar  murid-muridnya, beraneka ragam cara mereka agar muridnya rajin belajar serta menjadi anak yang berprestasi.

Tapi sayangnya, mereka tidak ada rasa terimakasih dan tidak sopan dengan gurunya. Bahkan banyak siswa yang berkata kasar saat gurunya menasehati atau mengingatkan.

Apa yang menyebabkan hal ini? Karena tidak diterapkannya syariat Islam. Jika Islam itu diterapkan, sudah pasti semua aturan yang Allah berikan akan dijalankan.

Contoh saja dalam hal pendidikan. Islam sangat mengatur terkait hal pendidikan.

Mari kita tengok awal-awal kejayaan Islam, kita akan menemukan betapa Islam sangat menghargai ilmu pengetahuan. Saat Umar bin Khathab menjadi Khalifah, memberikan kepada seorang yang mengajarkan anak-anak (siswa-siswanya) dengan gaji 15 dinar, yakni setara dengan 63,75 gram emas.. kalau diuangkan sekitar 27 jutaan.

Subhanallah, ini memperlihatkan bahwa begitu mulianya seorang guru ketika dia mendidik muridnya dengan benar. Dan sudah seharusnya para murid menghargai dan menghormati gurunya. Karena dalam pendidikan Islam maka akan lahir siswa-siswa yang tangguh, siswa yang semakin dekat dengan RobbNya, menjalankan semua aturan Allah.. kog bisa? Karena mereka dibina dan dididik sesuai Islam.

Selain itu, tujuan pendidikan Islam ini adalah untuk membekali akal dan pemikiran serta ide-ide yang sehat (benar) baik akidah maupun hukumnya.

Dalam hal ilmu pengetahuan, Islam mewajibkan setiap Muslim baik laki-laki dan perempuan untuk menuntut ilmu. Bahkan Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang berilmu.

Firman Allah:
"Allah mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman diantara kalian dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat." (QS. Al Mujadalah:11)

Dan Sabda Rasulullah: "Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah, al Baihaqi dan ath-Thabrani)

Jadi, sebagai seorang Muslim kita  harus taat kepada Allah menjalankan semua aturanNya, dan terhadap guru, siswa harus bersikap sopan dan santun, jaga perkataan, patuhlah pada guru jika apa yang diberitahukan itu benar, jangan sampai  menyakiti guru baik dalam perkataan dan perbuatan. Sungguh, guru itu adalah teladan.
Wallahua'lam.

Post a Comment

0 Comments