Ghibah is Not Good


Oleh : Ratu Ashya


GHIBAH. Kalian tau gak apa itu ghibah? Masih banyak kan yaaa yang suka ghibah.. dari kalangan remaja, emak yang hanya ibu rumah tangga, sampai emak sosialita yang suka pake tas branded dengan gank squad nya ituuu.. Yakan? Hmm.. Jadii ghibah itu apaa? Aku kasih tau deh yaa..

Ghibah adalah orang yang gemar sekali membicarakan kejelekan seseorang, menyebar luaskan aib seseorang. Orang yang kayak gini namanya suka ghibah dan gak bisa dipercaya alias munafik. Kalian pasti gak mau kan di Ghibahin, ga enak kan, rasa nya diomongin orang apalagi yang diceritain nya ga bener alias hoax... iiih.. kzl.

Nah, saran aku kalau kalian gak mau dighibahin, kalian jangan ghibahin orang, karena kata guru aku nih, “ Apa yang kalian rasakan sekarang, adalah perbuatan kalian yang dulu “. Kalau kata Roy Kiyoshi, yang katanya indigo yang bisa liat masa depan dalam acara disuatu stasiun televisi, “ itu adalah Karma buruk “. Nah loh siapa itu yang salah jadinya. Dan lagi, kalau kalian gak mau di Ghibahin, kalian jangan temenan sama orang yang suka Ghibah, karena jika kalian gak ada saat itu, percaya deh kalian yang bakalan di omongin sama temen kalian sendiri. 

Ada hadits yang menerangkan tentang Ghibah, cekidot..

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda yang artinya;

‘Tahukah kalian, apakah itu ghibah? Para sahabat menjawab, ‘Allah dan rasul-Nya lebih mengetahui.’ Rasulullah SAW bersabda, ‘engkau membicarakan sesuatu yang terdapat dalam diri saudaramu mengenai sesuatu yang tidak dia sukai. Salah seorang sahabat bertanya, ‘Wahai Rasulullah SAW, bagaimana pendapatmu jika yang aku bicarakan benar-benar ada pada diri saudaraku? Rasulullah SAW menjawab, jika yang kau bicarakan ada pada diri saudaramu, maka engkau sungguh telah mengghibahinya. Sedangkan jika yang engkau bicarakan tidak terdapat pada diri saudaramu, maka engkau sungguh telah mendustakannya.” (H. R. Muslim)

Nahh tuh, hati-hati dengan gibah. Berbicara fakta nya saja, masuk dalam ghibah. Apalagi membicarakan yang tidak ada pada orang yang sedang diomongin... fitnah broow. 


Kadang emang suka ga kerasa ya... pas kita ngumpul bareng temen, otomatis kita ngomongin orang yang lagi ga bareng ma kita.. “ Eh, Si Onoh tadi begono lhooo.. terus begini, begono..” atau “Si Anu tuh asli nya begini lhoo..” and many more.

Terus kalo kita lagi kongkow bareng, tiba-tiba ada yang memulai ghibah gimana...? Kan biasa tuh, kalo dah ngumpul penyakitnya pasti keluar yaitu ngomongin orang. Yakan...? hmm... solusinya, tinggalin atau alihkan pembicaraan. Sebisa mungkin ingatkan teman kita. Jangan ikut terpancing ngomongin orang juga. Yess...? Iih, boring banget sih apa-apa disangkutin agama, belum-belum ngeluarin hadist.. diih... malesin banget deh..

Ya terus, mau nya gimana...? Ngatur diri sendiri tanpa menyertakan Allah juga kan salah. Namanya hidup yang ngasih nyawa Allah kok, wajar lah kalo Allah ngasih aturan. Aturannya udah Allah kasih tuh di Al-Qur’an biar jadi panduan kita hidup, lalu dititipkan pada Rasulullah biar jadi penuntun dan contoh kita. Aseeekk..

So, ikuti apa yang Allah perintahkan. Kalo kata Allah jauhi Ghibah yang jangan dilanggar. You know...? Ghibah Is Not Good, sob. Semoga Allah menuntun kita selalu dijalan yang lurus ya..
انظر ما قال ولا تنظر من قال

“Lihatlah apa yang dikatakan jangan melihat siapa yang mengatakan”

Post a Comment

0 Comments