Cantiknya Wanita Anugerah Atau Musibah

Oleh: Najwa Alifah (Member Back To Muslim Identity)
 



Apa yang terpikir ketika melihat bunga? Pasti cantik, indah rapi dan ingin rasanya tangan memetiknya.
Begitulah yang ada dalam benak pikiran seseorang ketika melihat bunga beraneka ragam. Melihatnya sesuatu yang menarik hingga membuat tangan tak puas-puasnya untuk memotret. 

Namun pernahkah terpikir tentang keindahan yang tertata rapi itu? Siapa yang menyusun, mengatur dan menghidupkannya hingga ia tumbuh menjadi indah dipandang mata. 

Sungguh mudah bagi Allah menciptakan itu semua dan setiap apa yang Allah ciptakan tidak ada yang sia-sia. Allah Maha indah dan menyukai keindahan. Maka keharusan bagi kita menjaga keindahan itu merawatnya dan menjaganya agar tidak mudah dirusak oleh tangan-tangan yang jahil sehingga ia tetap indah memberi manfaat bagi yang lain.

Begitu juga dengan keindahan yang terdapat pada wanita. Memiliki paras cantik sebagai anugerah terindah dari Allah yang patut disyukurinya. Keindahan fisiknya yang tidak dapat diserupai oleh kaum laki-laki walau dimodifikasi sekalipun tetap terlihat berbeda sebagaimana fitrahnya. 

Namun ada kalanya cantik itu menjadi musibah ketika seseorang tidak siap menerima ujian dan kenyataan yang ada. Dia akan cenderung menilai kecantikan itu sebagai penghasil materi dan kepuasan nafsu belaka. Bahkan rela merusak serta menpolesnya demi tampil cantik yang dipertontonkan dalam ajang maksiat dengan lenggak-lenggoknya yang menyerupai syaithan. 

Justru kencantikan yang ditonjolkan seperti itu bukan malah mendatangkan kebaikan melainkan menjadi tumbal kejahatan seksual oleh para lelaki hidung belang. 

Islam memandang kecantikan pada wanita itu adalah sebuah amanah dari Allah, yang Allah perintahkan untuk menjaganya sesuai ketentuan syari'at tidak untuk diumbar.

Selain itu, yang menjadikan cantik dan indah adalah ketika dia menjadi wanita muslimah yang taat menjalankan perintah Allah dan RasulNya dengan selalu menjaga pandangannya, memelihara kecucian serta menutup auratnya seluruh tubuh. Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam al-Qur'an surat an-Nur ayat 31, dan al-Ahzab 59.


Maka tampil cantik itu enggak perlu dengan modal yang tinggi, cukup menjadi wanita sholehah rajin mengaji plus pengemban dakwah lagi. Keren kan?

Dengan begitu ia akan tampak indah bukan pada paras wajah & harta, tapi mahkota yang terjaga dibalik ketakwaannya sebagai seorang hamba yang dirindukan surga.

Wallahu A'lam bisshawab

Post a Comment

0 Comments