Bahaya April Mop

Oleh : Novita Sari Gunawan (Anggota Akademi Menulis Kreatif)




Sobat, udah tau belum apa itu April mop? Menurut Wikipedia, April Mop dikenal dengan April Fools' Day dalam bahasa Inggris, diperingati setiap tanggal 1 April setiap tahun. Pada hari itu, orang dianggap boleh berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah. Hari ini ditandai dengan tipu-menipu dan lelucon lainnya terhadap keluarga, musuh, teman bahkan tetangga dengan tujuan mempermalukan orang-orang yang mudah ditipu.

Asal-usul April Mop Menurut Barat

Dikutip dari beberapa sumber asal-usul perayaan April Mop ialah dari Perancis dan Spanyol:
Di Perancis, April Mop sudah dikenal sejak tahun 1582. Ketika itu rakyat Perancis melakukan perayaan tahun baru pada awal April atau akhir bulan Maret. Namun hal ini diubah oleh Pope Gregory XIII yang semula dalam 1 tahun hanya 10 bulan menjadi 12 bulan seperti kalender Masehi saat ini. 

Tetapi karena ketidaktahuan dan ketidakpercayaan, rakyat Perancis tetap merayakan 1 April sebagai tahun baru. Perilaku tersebut ditertawakan oleh sejumlah masyarakat. Orang-orang itulah yang disebut sebagai “April Fools” atau orang-orang yang tertipu pada bulan April.

Di Spanyol, merayakan April Mop pada tanggal 28 Desember yang disebut Dia de los Santos Inocentes, yang artinya hari anak tak bersalah. Sampai pemerintah Spanyol mengeluarkan undang-undang baru agar pada 28 Desember 1978 diundur sehari supaya tidak dijadikan bahan tertawaan atau dianggap sebagai lelucon.

Menurut Joseph Boskin, profesor dari Boston University, April Mop berawal dari para pelawak kerajaan Romawi pada masa pemerintahan Raja Constantin I di abad 3-4 sesudah Masehi. 

Para pelawak ini mengajukan petisi kepada raja untuk mengizinkan mereka untuk menjadi raja walaupun hanya sehari. Raja menyetujui petisi tersebut dan mengangkat Jeter yaitu salah satu pelawaknya untuk menjadi raja dalam sehari pada 1 April. 

Kemudian 1 April diperingati sebagai hari kemustahilan. Sejak itulah 1 April dikenal dengan April Mop.
(cnn.indonesia.com)

Sejarah Kelam April Mop yang Dibungkam

Para sejarawan mengklaim, April Mop sebenarnya adalah sebuah perayaan hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara Spanyol yang dilakukan lewat cara-cara penipuan. Karena alasan itulah, mereka merayakan April Mop dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan walau dibungkus dengan dalih sekedar hiburan atau keisengan belaka.

Sejak dibebaskan Islam pada abad kedelapan masehi oleh Panglima Thariq bin Ziyad, Spanyol menjadi negeri yang makmur. Islam saat itu berkembang hingga Prancis Selatan.

Beberapa kota seperti Carcassone, Nimes, Bordeaux, Lyon, Poitou, Tours, penduduknya dengan sukarela memeluk agama Islam. Hal ini jelas merisaukan beberapa negara tetangga di Spanyol. Akhirnya mereka menemukan cara untuk menaklukkan Islam, yakni dengan melemahkan iman mereka melalui jalan serangan pemikiran dan budaya.

Mereka mengirimkan alkohol ke wilayah Spanyol. Musik diperdengarkan untuk membujuk kaum mudanya agar lebih suka bernyanyi dan menari daripada membaca Alquran. Mereka juga mengirimkan sejumlah ulama palsu untuk meniup-niupkan perpecahan ke dalam tubuh umat Islam Spanyol. Lama-kelamaan upaya ini membuahkan hasil.

Akhirnya Spanyol pun jatuh dan bisa dikuasai pasukan kiriman Kerajaan Spanyol yang tersingkir. Penyerangan yang dilakukan dengan kejam tanpa mengenal peri kemanusiaan. Tidak hanya pasukan Islam yang dibantai, tetapi juga penduduk sipil, wanita, anak-anak kecil, orang-orang tua. Satu per satu daerah di Spanyol jatuh.
(republika.com)

Kreatifitas yang Tidak pada Tempatnya

Perayaan budaya barat ini diadopsi pula oleh masyarakat Indonesia baik dari kalangan orang dewasa dan tak ketinggalan pula oleh remaja-remaji yang lagi menikmati masa-masa haus akan eksistensi diri.

Banyak cara yang dipilih dalam melakukan serangan April Mop. Semakin tinggi tingkat kebohongan atau penipuan yang dilakukan maka akan semakin seru katanya.

Mulai dari pura-pura nembak cewek setelah dijawab dengan tulus, eh langsung disorakin April Mop! Kebayang nggak malunya cewek itu? Ada lagi orang yang berakting sakit bahkan meninggal, sampai yang dikerjain udah nangis-nangis atau panik lalu tiba-tiba ditertawakan sambil pada teriak April Mop!

Momen ini pernah berujung tragis juga lho sob, salah satunya adalah gempa bumi dan tsunami di Hawaii yang mengakibatkan ratusan orang tewas. Mereka nggak percaya dengan berita akan prediksi terjadinya bencana alam tersebut. Namun ternyata itu bukanlah berita bohong. Akhirnya banyak yang menjadi korban akibat acuh dengan himbauan yang mereka anggap hanya kabar burung.

Hukum Perayaan April Mop dalam Islam


April Mop ialah perkara bathil yang merupakan tradisi produk barat. Kita sebagai kaum Muslimin harus jeli dalam menyaring budaya yang kita pilih. Rasulallah SAW pun tegas dalam mengingatkan kita tentang ini. Jika kita beralasan hanya sekedar ikut-ikutan saja. Lalu pertanyaannya siapa yang kita ikuti?
"Barang siapa meniru suatu kaum, maka ia termasuk dari kaum tersebut, ” Demikian bunyi hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Tirmidzi.


Ditinjau dari aspek tujuan untuk kelakar dengan cara berbohong. Islam pun tegas menyatakan haram hukumnya berbohong. Dari Ibnu Mas’ud Radhiallahu ‘Anhu, ia berkata, Rasulullah Shallallahu’Alaihi Wasallam bersabda: Sesungguhnya jujur itu menunjukkan kepada kebaikan, sedangkan kebaikan menuntun menuju Surga. Sungguh seseorang yang membiasakan jujur niscaya dicatat di sisi Allah sebagai orang jujur. Dan sesungguhnya dusta itu menunjukkan kepada kemungkaran, sedangkan kemungkaran menjerumuskan ke Neraka. Sungguh orang yang selalu berdusta akan dicatat sebagai pendusta . [HR. Al-Bukhari dan Muslim ]


Duh, serem ya sobat. Jika kita menyimak bagaimana Islam memandang April Mop yang merupakan perbuatan tercela. Kebahagiaan seorang muslim ialah jika ia senantiasa berbuat sesuatu yang Allah ridhoi. Bukan semata-mata ingin memperoleh kesenangan yang berdasarkan hawa nafsu kita semata.

Semoga kita terhindar dari perbuatan ini ya sob. Jangan lupa kita sebarkan dakwah ditengah-tengah masyarakat. Karena banyak yang masih belum faham dan menganggap ini hanya hiburan belaka. Yuk bantu agar mereka selamat dari jeratan maksiat dibalik April Mop ini.  

وَلْتَكُن مِّنكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَأُوْلَـئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ


“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar ; merekalah orang-orang yang beruntung.” (Q.S. Ali Imran [3]: 104)

Wallahu a'lam bi ashshowab.

Post a Comment

0 Comments