Bahasa Arab : Bahasa Mulia Penyejuk Hati Penentram Jiwa

Oleh : Dwita Arivina (Tim Muslimah Tidar Community Magelang)



Bahasa Arab adalah bahasa Al-Qur’an. Keutamaannya sebagai bahasa sangatlah istimewa. Keistimewaan bahasa Arab begitu banyak disebutkan dalam Al-Qur’an diantaranya:

وَلَقَدْ ضَرَبْنَا لِلنَّاسِ فِي هَذَا الْقُرْآنِ مِنْ كُلِّ مَثَلٍ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ

“Sesungguhnya telah Kami buatkan bagi manusia dalam Al Quran ini setiap macam perumpamaan supaya mereka dapat pelajaran.” (QS. Az-Zumar: 27)

Sobat Remaja Islam Hebat taukah kalian bahwa sebab kemunduran dunia Islam sekarang ini salah satunya adalah karena lemahnya pemahaman ummat terhadap Islam yang teramat parah, yang merasuk ke dalam pikiran kaum Muslim. Ini berawal ketika bahasa Arab mulai diremehkan peranannya untuk memahami Islam, sehingga kekuatan yang dimiliki bahasa Arab dengan kharisma Islam terpisah. Ummat lebih gemar mempelajari bahasa asing lainnya daripada mempelajari bahasa Arab itu sendiri.

Selama kekuatan yang dimiliki bahasa Arab tidak disatukan dengan kharisma Islam, maka kemunduran itu akan tetap melanda kaum Muslim. Mengapa demikian? Karena bahasa Arab dan Islam merupakan satu kesatuan. Islam tidak mungkin terlaksana dengan sempurna kecuali dengan bahasa Arab.

Meremehkan bahasa Arab akan menghilangkan ijtihad (menggali hukum) Islam, karena ijtihad terhadap syariat tidak mungkin terlaksana tanpa bahasa Arab. Kedudukan ijtihad itu sendiri sangat penting bagi kemajuan ummat Islam.

Bahasa Arab adalah syiar Islam dan syiar kaum muslimin. Dengan mempelajari bahasa Arab kita akan lebih mudah dalam menghafalkan, memahami, mengajarkan dan mengamalkan isi Al-Qur’an. Dengan modal bahasa Arab akan mudah pula dalam memahami hadits, menghafalkan, menjelaskan serta mengamalkannya.

Orang yang paham bahasa Arab, akan semakin mudah memahami Islam daripada yang tidak mempelajarinya sama sekali. Terlebih sebagai pengemban dakwah, tentu sangat penting mempelajarinya agar semakin mudah ketika menyampaikan Islam kepada ummat.

Allah berfirman:

إِنَّا أَنزلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

"Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.” (QS. Yusuf : 2)

Ibnu Katsir saat menjelaskan Ayat diatas,

لأن لغة العرب أفصح اللغات وأبينها وأوسعها، وأكثرها تأدية للمعاني التي تقوم بالنفوس

“Karena bahasa Arab adalah bahasa yang paling fasih, paling jelas, paling luas (kosakatanya), dan paling banyak mengandung makna yang menentramkan jiwa.”

Bahasa Arab juga merupakan bahasa yang paling mulia. Ibnu Katsir rahimahullah juga menyatakan,

فلهذا أنزلَ أشرف الكتب بأشرف اللغات، على أشرف الرسل، بسفارة أشرف الملائكة، وكان ذلك في أشرف بقاع الأرض، وابتدئ إنزاله في أشرف شهور السنة وهو رمضان، فكمل من كل الوجوه

Karena Al-Qur’an adalah kitab yang paling mulia, diturunkan dengan bahasa yang paling mulia, diajarkan pada Rasul yang paling mulia, disampaikan oleh malaikat yang paling mulia, diturunkan di tempat yang paling mulia di muka bumi, diturunkan pula di bulan yang mulia yaitu bulan Ramadhan. Dari berbagai sisi itu, kita bisa menilai bagaimanakah mulianya kitab suci Al-Qur’an.

Bahasa Arab juga merupakan bahasa yang lurus, mudah dipahami dan mudah digunakan sebagai hukum bagi manusia. Allah berfirman,

قُرْآَنًا عَرَبِيًّا غَيْرَ ذِي عِوَجٍ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ

(Ialah) Al-Qur’an dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) supaya mereka bertakwa.” (QS. Az-Zumar: 28)

Dalam ayat lain disebutkan,

وَإِنَّهُ لَتَنْزِيلُ رَبِّ الْعَالَمِينَ (١٩٢) نَزَلَ بِهِ الرُّوحُ الْأَمِينُ (١٩٣) عَلَى قَلْبِكَ لِتَكُونَ مِنَ الْمُنْذِرِينَ (١٩٤) بِلِسَانٍ عَرَبِيٍّ مُبِينٍ (١٩٥)

Dan sesungguhnya Al Quran ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam, dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin (Jibril), ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan, dengan bahasa Arab yang jelas.” (QS. Asy-Syu’ara: 192-195). 

Juga dalam ayat lain disebutkan,

وَكَذَلِكَ أَنْزَلْنَاهُ حُكْمًا عَرَبِيًّا

"Dan demikianlah, Kami telah menurunkan Al Quran itu sebagai peraturan (yang benar) dalam bahasa Arab.” (QS. Ar-Ra’du : 37)

Remaja Islam Hebat mari kita mulai gerakkan hati dan pikiran untuk mempelajari bahasa yang paling mulia dan dicintai oleh Allah ini. Bahasa yang menyejukkan hati dan menentramkan jiwa, bahasa Arab. Semoga Allah memudahkan kita untuk mempelajarinya, demi kemajuan Islam dan kemuliaan Islam.

Aamiin Yaa Rabbal'alamiin... in syaa Allah

Post a Comment

0 Comments