Aparat Keamanan Menjamin Atau Arogan?

Oleh : Shafiyyah AL Khansa ( Penulis & Anggota Komunitas Revowriter)

Suatu negara mengangkat aparat keamanan baik kepolisian maupun militer untuk menjaga kesatuan dan persatuan suatu negara dalam mengayomi masyarakatnya. Agar penjagaan wilayah maupun kenyamanan masyarakat dalam sebuah negara mencapai ketenangannya setiap individu harus saling menjaga dan berkontribusi.
.

Kemanan, baik dari segi daerah kewilayahan suatu negara ataupun kenyamanan bagi setiap individu dalam suatu negara menjadi tolak ukur negara dalam memberikan penjagaan kepada masyarakat. Terus apa jadinya jika aparat keamanan saja tidak mampu menjaga sikap dalam menghormati dan memberikan toleransi pada masyarakat. Padahal dalam suatu negara tidak hanya satu agama saja. Maka sudah seharusnya kita saling menjaga dan menghormati. Dan sudah seharusnya pula aparat keamanan ikut serta dalam penjagaan ini.
.

Mabes Polri telah mencopot Kapolres Banggai AKBP Heru Pramukarno yang diduga melakukan kesalahan prosedur saat pembubaran pengajian ibu-ibu ketika penggusuran lahan di Tanjung Sari, Banggai, Sulawesi Tengah beberapa waktu lalu. Pencopotan dilakukan untuk memudahkan Divisi Profesi dan Pengamanan (Divpropam) Polri memeriksa Heru.


Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasistomengatakan, dirinya menerima info dari Asisten Sumber Daya Manusia (SDM) Kapolri Irjen Arief Sulistyanto tentang pencopotan Heru. Kapolresnya dicopot untuk pemeriksaan lebih lanjut oleh Paminal (Pengamanan Internal) Propam Polri. Makanya ini sementara ini dicopot dulu untuk pemeriksaan lebih lanjut,” kata Setyo di Jakarta, Sabtu(24/3).  jpnn.com, JAKARTA
.

Dari situ jelas bahwasanya aparat keamanan hari ini tidak bisa menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakatnya. Tapi justru menujukan sikap arogan aparat pada suatu penganut agama disuatu negeri. Lalu dimana masyarakat akan mendapat pelindungan dari suatu negara?.
.

Kekuasaan Dalam Islam


Kekuasaan dalam islam begitu sempurna dan kompleks dalam setiap rinci persoalan mengenai umat manusia termasuk bagaimana sistem islam ini menjadi pelindung dan pengurus umat.
.

Aparat keamanan dalam sistem kekuasaan islam adalah menjaga dan menaungi umat. Sistem keamanan dalam islam akan menjaga keamanan serta ketentraman umat yang pastinya sesuai dengan perintah-Nya. 
.

Karena didalam islam yang menjadi tolak ukur suatu perbuatan hanya ada dua yaitu halal dan haram tak hanya itu penerapan ihsanul amal dalam setiap sikap juga selalu dimaksimalkan.
.

Aparat keamanan dalam islam akan dikoordinir sebaik mungkin seorang Direktorat Keamanan atau Kepala Kepolisian dalam islam akan memegang tanggung jawabnya bukan sekedar untuk bertanggung jawab pada seorang khalifah tapi juga menyadari tanggung jawabnya terhadap Allah SWT. Sama halnya dengan anggota aparat dan juga anggota kemiliteran yang lain yang menyadari bahwa ia bertanggung jawab terhadap Allah SWT.
.

Maka jelas sistem keamanan dalam kekuasaan islam akan lebih menjamin setiap warga negaranya. Dan itu semua pernah dibuktikan dengan bukti bahwa islam pernah memimpin 2/3 dunia. Dan masa itu adalah masa kegemilangan yang tiada tandingannya. Wallahu’alam

Post a Comment

0 Comments