Untung Kita Perempuan


Ramai-ramai protes kesetaraan laki-laki dan wanita. Hm...kira-kira yang protes itu rumahnya mana, ya? Perkotaan kali, ya? Kalau protesnya macam gini, "loe bisa kerja, gue juga bisa." Tak guyu (aku ketawain) Description: https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/f51/1/16/1f603.png😃. Tahu kenapa?

Coba yang bilang seperti itu rumahnya di desa. Yang mata pencahariannya bertani. Suruh saja para istri tukar posisi. Suruh para wanita 'manol' (memanggul) pupuk yang beratnya setengah kwintal. Atau suruh memindahkan mesin pompa air yang beratnya bisa satu ton. Mau? Description: https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/fd4/1/16/1f606.png😆


Atau yang bapak-bapak bekerjanya di ladang tebu, belum ada mesin babatnya. Beliau-beliau harus 'mbandhang' (ngangkut) pakai bahunya ke kendaraan. Yang jaraknya bisa jadi 1 km dari ladang menuju jalan raya. Minat?Description: https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/f51/1/16/1f603.png😃

So, kalau rumahnya perkotaan, "wajar" minta kesetaraan. Soalnya hanya membayangkan enaknya saja. Kerja kantoran, baju parlente. Ketemu relasi di kafe ber-AC. Gaji besar bergelimang pujian.


Bisa deh, jabani salon langganan. Ngecat kuku, cabut alis, sulam bibir, setrika wajah, body spa, hingga pedi-meni kuku 20 jari. Perempuan begini, biasanya yang bisanya cuma macak (dandan) dan manak (melahirkan). Tapi ogah masak dan emoh masuh (mencuci). Pokoknya urusan dapur dan sumur tak mau. Maaf ya, jika ada yang tersinggung. Sengaja, biar pada melek Description: https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/fd0/1/16/1f602.png😂.

Beda kalau perempuan hidup di desa. Tak bakal mau bertukar peran. Ditantang manol, gak akan kuat. Biar para lelaki aja.Description: https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/f7f/1/16/1f60a.png😊

Sebab, otot pria, secara anatomi fisiologi, boleh jadi sama dengan wanita. Secara struktur dan kegunaan. Tapi dari sisi kekuatan, jauuuh. Ini fakta. Hormon wanita dan pria juga berbeda. Gak percaya? Bedah saja! Description: https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/fce/1/16/1f600.png😀
.
.
So, bahaya kalau bapak-bapak ditukar perannya. Keenakan dia. Karena, para bapak kan mikirnya simple. Gak mau ribet. Kalau ditukar gawean, harus memasak misalnya, ya, beli aja di warung. Description: https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/f53/1/16/1f605.png😅

Kalau disuruh momong anak, yah titipkan saja pada mbahnya Description: https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/f4f/1/16/1f601.png😁. Kebeneran banget, ya, kan Pak? Enak. Gak usah manol. Gak usah menjalankan mesin. Nggak usah nyangkul. Kan udah tukar peran. Hayo, wani ora? Description: https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/fd4/1/16/1f606.png😆


Jadi, kalau mau disamakan dengan pria, jangan bayangkan enaknya saja. Bayangkan juga sengsaranya.
Karena kalau bapak-bapak yang ambil peran emak-emak, itu rumah tangga macam apa? Bisa gak berkah tujuh turunan Description: https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/fce/1/16/1f600.png😀.

Maka beruntunglah kita perempuan. Cukup berempatilah pada para pria. Peran mereka itu berat. Kita tak akan kuat. Description: https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/f7f/1/16/1f60a.png😊

Post a Comment

0 Comments