Wednesday, March 21, 2018

Ujian



Oleh: Minah, S.Pd.I
(Pengajar, Pemerhati Remaja)

Hmm ujian, cuma satu kata, tapi jika akan dihadapi deg deg ser deh rasanya. Pernah mengalaminya?

Sama halnya saat sekolah, di SD, SMP, SMA, dan kuliyah, pasti kita akan mengahadapi yang namanya Ujian. Hmm... kalau sudah mau ujian, deg deg deh, belum lagi ada yang panik bin galau, karena kalau nggak lulus ujian akan terancam ngak naik kelas or naik tingkat, yakni dari SD ke SMP.

Mmm... padahal nih yah.  SD sekolahnya 6 tahun, SMP dan SMA 3 tahun dan ditentukan dengan ujiannya yang hanya 3 hari.. wuihhh... gimana tuh jadinya. Kalau ngak belajar bisa jadi nggak lulus. Nah disini emang butuh bener-bener  dipersiapkan agar ngak jeblok nilainya dan yang penting bisa naik kelas atau naik tingkat, semakin ke atas semakin susah loh, apalagi kalau nggak belajar. Heee..  kalau mau nilai bagus dan naik tingkat maka harus berdoa  kepada Allah agar dimudahkan menghadapi ujiannya dan belajar yang sungguh-sungguh.


Nah, sama halnya jika kita mengarungi kehidupan ini, pasti akan banyak ujian yang harus kita hadapi. Kadang kala ujian itu biasa saja dan kadang ujian itu besar dan semakin berat. Itulah ujian hidup semakin mau naik tingkat maka semakin berat ujiannya, kalau nggak berat ngak seru kali ya... hihi... jadi semakin bertakwa seseorang itu, maka ujianpun semakin besar. Tapi, apakah kita mampu mengahadapinya? Insyaallah pasti mampu kok,  kan Allah tidak membebani hambanya sesuai kemampuannya. Jadi ingat firman Allah yang artinya " Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." (QS. Al-Baqarah:286)

Simak juga nih firman Allah, yang artinya:

“Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan macam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya, “Bilakah datangnya pertolongan Allah?” ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat.” (QS. Al- Baqarah: 214).

Kita hidup di dunia pastilah akan ada ujian yang akan terus menghampiri diri kita, nggak mungkin hidup kita mulus-mulus saja, tapi pasti akan ada ujian yang berdatangan.

So, hidup itu pasti ada ujiannya. Walaupun berat, insyaallah kita pasti akan sanggup mengahadapinya. Ujian SD, SMP, SMA bisa kita hadapi, dan ujian dalam kehidupan juga pasti bisa kita hadapi, yang penting sabar, bedoa serta cari solusinya.

Oleh karena itu, jika kita di beri ujian oleh Allah, kita harus selalu mendekatkan diri kepada Allah dan berdoa agar selalu diberi kesabaran dan mampu menyelesaikan ujian tersebut dengan mencari solusi didalam Islam. Dengan begitu ujian pasti bisa kita hadapi. Insyaallah.

Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!