Sobat, Wajahmu Bukan Penilaian!



Oleh: Minah, S.Pd.I
(Praktisi Remaja)

Seringkali seseorang itu bersikap sombong, disadari atau tidak, sering atau jarang, banyak atau sedikit, sikap sombong itu muncul di hati seorang Muslim. Tidak sedikit dari mereka menyombongkan diri. Ini dikarenakan jika mereka merasa mempunyai banyak kelebihan, bisa jadi karena kecantikan or ketampanan fisiknya, kecerdasan otaknya bahkan karena harta yang berlimpah.

Sobat remaja, begitu banyak nikmat yang Allah berikan, baik berupa wajah yang cantik or tampan, maupun harta yang berlimpah. Namun, itu semua bukan menjadi penilaian dari Allah. Allah tidak melihat dari harta kalian maupun dari wajah yang cantik tetapi Allah hanya melihat dari ketakwaan dan amal kebaikan kita.

Mereka lupa bahwa semua itu adalah dari Allah. Dan tentu aneh jika mereka menyombongkan diri. Kecantikan, kecerdasan dan harta yang berlimpah,  semua adalah milik Allah dan kita sebagai manusia tidak pantas untuk sombong.

“Janganlah kalian berjalan di muka bumi ini dengan penuh kesombongan.” (QS. Al-Isra:37).

Tampilan fisik lahiriyah tidak membuat seseorang itu mulia disisi Allah SWT. Yang membuat manusia berarti disisi Allah adalah iman dan amal sholehnya sehingga menghantarkan dirinya menjadi orang yang bertakwa.
Rasulullah SAW bersabda : “Sesungguhnya Allah SWT tidak melihat dari rupa dan harta-harta kalian, namun Allah SWT melihat dari amal-amal kalian dan hati kalian.” (HR. Muslim).

Nah sobat, wajahmu bukan penilaian! jadi janganlah kamu sombong dimuka bumi ini hanya karena kecantikan fisikmu maupun harta yang kamu miliki, karena itu semua tidak berarti apapun disisi Alah. Allah hanya melihat dari keimanan dan ketakwaan seseorang. So sobat, yuk tingkatkan ketakwaan kita  dengan tunduk dan taat kepada Allah.

Post a Comment

0 Comments