Saturday, March 17, 2018

Art Of Da'wah



Oleh : Devi Yulianti ( Anggota Back to Muslim Identity Community Meulaboh)

 Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَلْتَكُنْ  مِّنْكُمْ اُمَّةٌ يَّدْعُوْنَ اِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ  عَنِ الْمُنْكَرِ ۗ  وَاُولٰٓئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ



"Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung."
(QS. Ali 'Imran [3]: 104)

What is Da'wah ?

Dakwah adalah seruan kepada manusia untuk memeluk dan mengamalkan Islam serta melakukan kemakrufan dan mencegah dari kemungkaran.
what is the purpose of Da' wah?
Tujuan dari dakwah apa sih ?

Sobat, tujuan dakwah Islam adalah mengubah keadaan yang tidak Islami menjadi Islami agar dapat mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.
Karena itu, dakwah bukan hanya sekedar menyerukan untuk berbuat baik atau melarang berbuat mungkar, melainkan harus disertai dengan usaha untuk melakukan perubahan. Yaitu berhijrah dan beristiqomah di jalan-Nya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَمَنْ يُّهَاجِرْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ يَجِدْ فِى الْاَرْضِ مُرٰغَمًا كَثِيْرًا وَّسَعَةً   ۗ  وَمَنْ يَّخْرُجْ مِنْۢ بَيْتِهٖ مُهَاجِرًا اِلَى اللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ ثُمَّ يُدْرِكْهُ الْمَوْتُ فَقَدْ
وَقَعَ اَجْرُهٗ عَلَى اللّٰهِ  ۗ  وَكَانَ اللّٰهُ غَفُوْرًا رَّحِيْمًا

"Dan barang siapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka akan mendapatkan di Bumi ini tempat hijrah yang luas dan (rezeki) yang banyak. Barang siapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah karena Allah dan Rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju), maka sungguh, pahalanya telah ditetapkan di sisi Allah. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang."(QS. An-Nisa' [4]: 100)

Lantas apa yang mau kita tunggu? Tunggu dapat hidayah dulu baru berhijrah?

Hidayah itu dijemput dan dicari bukan ditunggu. Kita tidak tau kapan ajal kita, karena ketika ajal itu datang menghampiri kita, tidak melihat Apakah kita sudah bertobat, berhijrah atau berdakwah? Jika belum, penyesalan tidak ada artinya lagi.

Namun yang perlu kita ketahui, dalam berdakwah pasti ada tantangannya. What is the challenge of da'wah?Tantangan dakwah hari ini adalah berkembangnya ideologi yang beragam yang bertolak dari kekufuran.

Ideologi yang menyebar di seluruh dunia saat ini berpangkal dari munculnya sekularisme. Sekularisme adalah sistem yang memisahkan agama dari kehidupan. Sekulerisme menjadi aqidah dari ideologi kapitalisme, dimana banyak sekali manusia yang menganut aqidah ini. Bahkan kaum muslimin pun bisa tertular aqidah tersebut.

Dakwah adalah satu-satunya cara untuk mengubah pola berpikir dalam Islam.  Dengan dakwahlah seorang muslim akan menjadikan Ideologi Islam sebagai landasannya dalam berpikir. Hukum yang diambilnya pun hanya dari Al-Qur'an dan As-Sunnah bukan hukum buatan manusia.

Lantas, apakah dakwah itu rumit? Jawabannya tidak. Yuk Ngaji ?!

Seorang Muslim memiliki kewajiban dalam berdakwah,  yakni menyampaikan atau mengajak yang makruf dan mencegah dari yang mungkar. Untuk terima atau tidaknya mereka terhadap dakwah kita, itu pilihan mereka. Karena pada Hari Akhirat, Allah akan mempertanyakan itu semua, ketika saudara, teman, kerabat keluarga kita atau kaum Muslim lain ditanyakan apakah si fulan atau fulanah mendakwah atau tidak? Akan kah kita bisa mempertanggung jawabkan?

Kebaikan untuk diri sendiri saja tidak cukup  tanpa mengaitkan dakwah itu sendiri. Dengan dakwah, kita dapat juga muhasabah diri sendiri. Jangan sampai kita mendakwahi seseorang, namun diri sendiri tidak berubah.

Meninggalkan dakwah adalah kerugian besar bagi seorang Muslim. Meninggalkan dakwah berarti membiarkan kemungkaran terus merajalela.

Wahai kaum muslimin, bersatulah ! Bersatulah untuk menyampaikan dakwah kepada seluruh umat, agar umat mau diatur dengan syariat Islam dan dipimpin pemimpin yang memahami Islam. Muslim cerdas pasti mau jadi pejuang, bukan sekedar penonton. Bersatulah dalam barisan pengemban dakwah Islam, dengan kembali menerapkan Islam secara keseluruhan. Saat hukum Islam tegak, semua umat bisa merasakannya, yang non Islam pun juga akan merasakannya. Dakwah terus sampai Allah berkata, "waktunya pulang".
Takbir ! Allahu Akbar !!!

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu , Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
ﻳَﺄْﺗِﻰ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ ﺯَﻣَﺎﻥٌ ﺍﻟﺼَّﺎﺑِﺮُ ﻓِﻴﻬِﻢْ ﻋَﻠَﻰ ﺩِﻳﻨِﻪِ
ﻛَﺎﻟْﻘَﺎﺑِﺾِ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﺠَﻤْﺮِ

Akan datang kepada manusia suatu zaman, orang yang berpegang teguh pada agamanya seperti orang yang menggenggam bara api .” (HR. Tirmidzi no. 2260. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan )

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْۤا اِنْ تَـنْصُرُوا اللّٰهَ يَنْصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ اَقْدَامَكُمْ

"Wahai orang-orang yang beriman! Jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu."
(QS. Muhammad [47]: 7)
So, what are you waiting for,
wahai para pengemban dakwah ?!
Wallahu a’lam bish-shawab.


Nama : Devi Yulianti
Asal : Meulaboh

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuhu.


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!