Menjalankan Amanah Itu Penting!Jangan Disepelekan



Minah, S.Pd.I (Pengajar/Praktisi Anak dan Remaja, Anggota Komunitas Revowriter) 


Tak jarang dari kita terlena dengan amanah yang diberikan. Belum lagi dengan beranekaragam amanah yang diambil. 

Masih saja ada yang menganggap mudah bahkan meninggalkan amanah yang ada, tidak bertanggungjawab akan hal itu. 

Jika bisa menyelesaikan semua amanah itu, alhamdulillah. Karena sejatinya amanah itu sangatlah penting. Dan kita wajib menjalankan amanah tersebut. 

Dengan banyaknya amanah yang ada, maka kita kudu menyediakan waktu tersebut agar bisa diselesaikan. Catatan pentingnya adalah harus terselesaikan. Firman Allah yang artinya: 

" Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghianati Allah dan Rasul dan (juga) jangan kamu menghianati amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui." (QS. Al Anfal:27) 

Kita pasti ngak mau dikatakan orang yang munafik, berkata mampu menyelesaikan amanah bertumpuk tapi ngak ada actionnya untuk menyelesaikannya. sebagaimana hadis Rasulullah: 

"Tanda orang munafik itu ada 3 macam, jika berbicara dia dusta, jika berjanji dia mengingkari dan jika dipercaya dia khianat." (HR. Ahmad) 

Rasulullah juga memerintahkan setiap Muslim untuk selalu menjaga amanah yang diberikan kepadanya: "Tunaikanlah amanah terhadap orang yang memberi amanah dan janganlah berkhianat terhadap orang yang menghianatimu." (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi). 

Sikap amanah ini, harus dimiliki oleh setiap Muslim. Sehingga apapun aktifitas yang dilakukan, dia harus mampu amanah. 

Mengambil banyak amanah, boleh-boleh saja, asal bisa diselesaikan. Semakin banyak amanah, maka butuh waktu dan tenaga, so, sangat penting untuk memenej waktunya. Agar semua amanah mampu untuk ditunaikan. 



Oleh karena itu, harus bisa saling mengingatkan dan menasehati dalam kebaikan serta diperkuat dengan meningkatkan pemahaman Islam dan istiqomah menjalankan syariat Islam. 


Semoga kita mampu menyelesaikan amanah dengan sebaik mungkin. Sehingga terpercaya dan bertanggungjawab terhadap amanah itu. Ingat! Jangan menyepelekan amanah yang ada. Wallahualam


Post a Comment

0 Comments