Menentukan Pilihan untuk Satu Kebahagian

Oleh : Siti Rahmah



Mencari sesuatu yang sempurna di dunia ini rasanya tak akan pernah ada. Karena kesempurnaan hanya milik Allah. Sedangkan manusia di ciptakan dengan ke khasannya sebagai mahkluk, sebagai ciptaan yang serba kurang dan terbatas. Begitupun kiranya dalam memilih pasangan, ketika yang di cari adalah pasangan yang sempurna, maka tidak akan pernah di dapatkan sampai kapanpun. Tapi jika yang di cari adalah seseorang yang bisa menyempurnakan kekurangan - kekurangan kita maka pasti kau akan temukan. 


Memilih bukanlah sesuatu yang mudah, apalagi memilih pasangan yang hendak di jadikan sahabat dalam mengarungi kehidupan ini, tentu harus pasangan yang cocok dengan kita. Memilih satu orang untuk di jadikan pasangan dari ribuan bahkan jutaan, memilih untuk satu kebahagian.


Memilih pasangan yang cocok di hati ibarat memilih sandal yang nyaman di kaki, gampang - gampang susah. Bukan yang mahal, bukan yang bagus tapi yang nyaman lah yang di pilih. Begitupun memilih pasangan hidup, bukan harus cantik atau tampan tampilan fisik, bukan kaya atau berharta dan bertahta tapi yang nyamanlah yang bisa bikin tentram.



Standar Pilihan


Islam sudah banyak memberikan tuntunan dalam pemilihan calon pasangan, ketika seorang laki - laki mau menentukan pilihan untuk calon istrinya maka Islam memberikan bimbingannya, misal dalam sebuah hadits di sampaikan rosululloh saw bersabda: "Wanita di nikahi karena empat hal; karena hartanya, karena kedudukannya, karena kecantikannya dan karena agamanya. Maka hendaklah kamu pilih karena agamanya (keislamannya). Kalau tidak demikian maka kalian akan merugi". (HR. Bukhori dan Muslim)




Begitupun Islam memberikan bimbingan bagi perempuan dalam memilih calon suaminya, dalam sebuah hadits di tuturkan Rasululloh saw bersabda; "Apabila datang seorang laki - laki yang kalian ridhoi agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah ia. Jika tidak, maka akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang besar". (HR. Tirmidzi)



Pada dasarnya tidak salah memilih pasangan karena keelokan fisiknya, tampan atau cantik parasnya. Begitupun tidak di salahkan ketika memilih pasangan karena kedudukannya atau harta kekayaannya, hanya saja hendaklah yang menjadi pertimbangan utama dalam menentukan pasangan adalah agamanya. Ketika pilihan agama di jadikan yang utama maka kebahagian dunia dan akhirat bisa di dapat. Syukur - syukur mendapatkan pasangan yang memenuhi ke empat syarat tersebut. Jika pasangan yang kamu idamkan itu sudah di temukan maka bersegeralah menghalalkannya dan perbanyaklah doa.




Perasamaan visi dan misi


Pemilihan pasangan dengan standar agama tentu yang utama, namun adakalanya kita di hadapkan dengan pilihan yang sulit. Dalam kondisi seperti ini tentunya standar dalam menentukan pilihan harus lebih spesifik lagi, misal di teliti dari kepribadiannya sudahkan terbentuk kepribadian Islamnya. Kalau calon yang kita pilih sudah menata diri dengan hijrah sehingga pertimbangan agama sudah tidak menjadi masalah utama. Maka perlu kiranya kita menelisik perjalanan kehidupan hijrahnya, sedalam apa pemahamannya tentang Islam dan sejauh mana ke istiqomahan dalam hijrahnya. Selain itu hal yang terpenting yang perlu di samakan dengan calon pilihan kita adalah visi dan misi dalam menjalani kehidupan begitupan dalam rancangannya membangun mahligai rumah tangga.



Satu frekuensi dalam visi dan misi ketika membangun mahligai rumah tangga adalah hal yang sangat penting, sehingga hendaknya dari awal di sepakati mau di labuhkan kemana biduk rumah tangga yang di bangun. Di setting seperti halnya rumah tangga artiskah yang semua hal terjadi wajib menjadi konsumsi publik, atau rumah tangga Qurani yang kita bidik. Sehingga perjalanan rumah tangga di lalui semata - mata dalam rangka pelaksanaan kewajiban. Saling mengokohkan dalam ketaatan, saling menguatkan dalam pelaksanaan syariat dan itu semua bisa di capai ketika sebelum nikah di sepakati visi dan misi yang hendak di jalani, maka kesamaan frekuensi inilah yang akan melahirkan kenyamanan dak ketentraman. Inilah kiranya tips - tips yang bisa di aplikasikan ketika menentukan pilihan untuk satu kebahagian. Bahagia dalam dekapan RidhoNya.
Waallahu alam. 

Post a Comment

0 Comments