Wednesday, March 14, 2018

Karena Wanita Sangat Istimewa



Oleh: Lina suryawati (Anggota komunitas revowriter)


Agama islam diturunkan oleh Allah SWT untuk menyempurnakan akhlak manusia dan memperbaiki derajat serta perlakuan kepada wanita. . .

Ajaran islam tidak pernah mendiskriminasi atau merendahkan derajat wanita, justru sebaliknya. Wanita sangatlah istimewa dalam islam. Dalam kitab suci Al-Quran pun ada surat tersendiri tentang wanita yaitu surat An-Nissa yang artinya wanita.

Wanita diciptakan sebagai pendamping laki-laki. Hidup sejajar dan beriringan, bukan sebagai bawahan yang bisa disuruh-suruh sesuka hati atau sebagai atasan yang harus dituruti semua kemauannya layaknya seorang bos.

 Kedudukan wanita sangatlah mulia dalam islam. Dalam suatu riwayat dijelaskan kalau kita harus mencintai ibu terlebih dahulu daripada ayah. Bahkan disebutkan nama ibu sebanyak tiga kali barulah nama ayah. .

 Ini adalah bentuk penghormatan untuk seorang ibu. Karena ibu sudah mengandung selama 9 bulan dengan sakit yang betambah-tambah setiap bulannya. Setelah itu, seorang ibu harus melahirkan yang mempertaruhkan nyawa. Sakit pada saat melahirkan diibaratkan seperti patahnya 20 tulang secara bersamaan. 

Dalam masa pemulihan pasca melahirkan, seorang ibu sudah harus menyusui dan mengurus anaknya. Menyusui hingga anak berusia 2 tahun. Ibu juga menjadi madrasah pertama untuk anak-anaknya. Merawat, mendidik dan mengajarkan anaknya agar menjadi anak yang memiliki akhlak yang baik serta menjadi anak yang paham akan agama.

Dalam islam wanita diwajibkan untuk berjilbab dan menutup aurat agar terjaga kehormatannya. Dengan menutup aurat wanita bisa menjaga diri dari pandangan laki-laki serta menghindari pelecehan yang sekarang sedang marak terjadi.

Islam begitu indah dalam mengatur semua hal tentang wanita. Tetapi bukan berarti laki-laki tidaklah penting. Laki-laki punya peran sendiri yang tak kalah pentingnya. Wanita dan laki-laki hidup saling melengkapi sesuai dengan peranan masing-masing.

Semua ajaran dalam islam membuat hidup manusia menjadi lebih baik, menjadi lebih teratur asalkan kita menjalankan semua perintah Allah dan menjauhi segala larangannya.

Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!