Jangan Rusak Masa Depanmu Dengan Narkoba


Oleh: Minah, S.Pd.I (Pengajar/Praktisi Anak Dan Remaja, Anggota Komunitas Revowriter) 


Banyak remaja sekarang yang tidak mengetahui jati dirinya sehingga terjerumus kepada hal-hal yang menyimpang dan bahkan menjerumuskan kedalam lembah kemaksiatan, seperti terjerumus dalam penggunaan narkoba. Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang dikalangan generasi muda dewasa ini sangat meningkat. Maraknya penyimpangan perilaku generasi muda tersebut, dapat membahayakan keberlangsungan hidup Bangsa ini di kemudian hari. Kenapa? Karena pemuda sebagai generasi yang diharapkan menjadi penerus bangsa, semakin hari semakin terpuruk dan rapuh digerogoti zat-zat adiktif penghancur syaraf. Sehingga pemuda tersebut tidak dapat berpikir jernih. Akibatnya, generasi harapan bangsa yang tangguh dan cerdas hanya akan tinggal kenangan. Sasaran dari penyebaran narkoba ini adalah kaum muda atau remaja. 



Sobat, bukan maksud unttuk nakut-nakutin ya… tapi memang gawat banget deh kalau udah lengket dengan yang namanya narkoba. Makanya jangan coba coba. Jangan rusak masa mudamu dengan narkoba. Bahaya! Narkoba membuat kamu puyeng tujuh keliling dan yang namanya ketagihan itu sudah pasti, da lebih parah lagi kamu akan bakal jadi pecandu. Nah ini gawat sob. Kalau sudah kecanduan maka kamu ngak mau pisah dengan barang haram ini. astaghfirullah. 


Narkoba itu haram dan banyak kerugiannya. Selain menguras uang, narkoba adalah zat yang amat beracun bagi tubuh. Banyak efek berbahaya yang terdapat pada narkoba, apa saja itu? diantaranya; pengguna narkoba akan menjadi kehilangan kepercayaan diri dan lemah, rusaknya sel-sel syaraf otak, gangguan konsentrasi belajar, penyakit paru-paru, dari yang ringan sampai yang berat, seperti asma, bronkhitis kronis, dan kanker paru-paru, secara berurutan atau sekaligus, akan menyerang tubuh. Tanda-tandanya sering tidak disadari. Dan bahkan menyebabkan kematian. Astaghfirullah. 


Nah sobat, bahaya kan…. Oleh karena itu jangan coba coba! Sekali lagi Bahaya! So, Jangan Rusak masa mudamu sob. 


Tahu kah kamu sobat remaja, betapa besar kerugian yang akan dialami. Kerugian yang lebih besar itu adalah ancaman akan hancurnya aset umat yang paling berharga, yakni generasi Islam yang berkualitas. Bagaimanapun juga narkoba telah merampas masa depan dan masa prestasi para pemuda Islam mereka, para pemuda yang seharusnya berada digaris terdepan perjuangan dakwah Islam, terpuruk dalam genggaman narkoba. Andaipun pulih, kelemahan tubuh mereka mungkin sulit untuk tergantikan kembali. Karena fungsi otak mereka yang telah teracuni narkoba relatif akan kalah bersaing dengan mereka yang berotak segar. Karena itu, wajar bila muncul prasangka bahwa maraknya narkoba juga mengandung muatan politis. ada dugaan bahwa ini adalah langkah sistematis untuk menghancurkan kekuatan kaum muslimin sejak tingkat usia muda.   


Lantas solusinya apa? 


SOLUSINYA


Narkoba itu apapun jenisnya adalah barang haram. Sabda Rasulullah SAW, “Setiap yang menghilangkan akal itu adalah haram.” (HR. Bukhori Muslim ). 


Syekh Ibnu Taimiyah sebagaimana yang dikutip Sayyid Sabiq dalam Fiqh as-Sunnah, menyatakan bahwa hadits tersebut mencakup segala benda yang merusak akal tanpa membeda-bedakan jenis dan tanpa terikat cara pemakaiannya, baik dimakan, diminum, dihisab, maupun disuntik. Maka, benda-benda yang merusak akal tersebut, termasuk putauw, ekstasi dan sejenisnya dari anggota narkoba jelas terkategori haram. Sebagaimana pedoman Islam, setiap pelaku perbuatan haram akan dganjar dengan hukuman. Sob, jika haram maka harusnya ditinggalkan. Maka akan dapat hukuman berat jika melanggarnya. 


Untuk mengatasi agar terhindar dari narkoba, adalah meningkatkan ketakwaan setiap individu masyarakat kepada Allah, dekat sama Allah, menaati aturan Allah. Memperluas tsaqofah Islam dengan mengkaji Islam, Menjadikan kita mampu berpikir cemerlang dan berkumpul dengan teman-teman yang sholeh. 


Nah, sobat remaja, narkoba memang nikmat membawa sengsara, uang melayang, badan rusak, dosa lagi, so, jangan coba-coba deh.! Dosa itu berat sobat, kamu nggak akan mampu menanggungnya, so jangan rusak masa mudamu dengan narkoba ! 


Yuk kita menjadi hamba Allah yang selalu taat kepada aturanNya. Teruslah berusaha untuk meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah agar tak terjerumus dalam maksiat. Wallahua’alam.  

Post a Comment

0 Comments