Istiqomah dalam Berdakwah


Oleh: Ummu Fanny



Kondisi masyarakat saat ini sangat memprihatinkan, betapa tidak hari ini kita melihat kemaksiatan sudah menjadi keseharian masyarakat, riba merajalela, prostitusi mencari legislasi, kerusakan remaja mengkhawatirkan, pembunuhan menjadi topik langganan diberbagai media dan segudang permasalahan masih menjadi pekerjaan rumah tanpa solusi. Mengapa hal ini bisa terjadi? karena sistem sekuler yang memisahkan agama dari kehidupan menjadikan masyarakat hidup atas nama kebebasan.

Lalu apa yang seharusnya kita lakukan? Sebagai muslim, kita memiliki kewajiban untuk mengubah kondisi masyarakat saat ini. Karena kalau sampai ini dibiarkan kita juga yang akan terkena dosanya, sebagaimana sabda rasul saw: " Barangsiapa yang melihat kemungkaran maka hendaklah dia mencegah dengan tangannya, sekiranya dia tidak mampu, maka dengan lisannya, dan sekiranya dia tidak mampu(juga), maka dengan hatinya. Yang demikian itu adalah selemah-lemah keimanan. " (Riwayat Imam Muslim dalam sahihnya dari hadist Abu Said r.a).

Dakwah itu sendiri adalah menyeru kepada umat tentang kebenaran ajaran islam, atau yang biasa kita sebut dengan amar makruf nahyi mungkar. Seperti dalam firman Allah swt berikut; Hendaklah ada diantara kalian segolongan umat (jamaah) yang menyerukan kebaikan (yakni islam) dan memerintahkan amar makruf nahyi mungkar. Merekalah orang-orang yang beruntung(TQS Ali Imron [3]:104).

Namun terkadang jalan dakwah ini tidak selamanya mulus, ada banyak rintangan yang harus kita hadapi dan kita harus melewati rintangan itu dengan kesabaran. Walaupun kita merasa lelah tapi itu hanya sebentar di dunia karena kita akan beristirahat yang panjang di akherat nanti, karena kita sudah berazam kepada Allah, bahwa ini sudah menjadi kewajiban kita sebagai seorang muslim untuk berdakwah kepada umat. Kita harus rela berkorban baik harta, tenaga dan waktu kita untuk berdakwah. Karena Allah telah membeli harta kita dan jiwa kita dengan surgaNya.

Oleh karena itu, kita saling mengingatkan dan saling beriringan dalam dakwah, karena kebangkitan umat membutuhkan kerja berjamaah. Teruslah istiqomah dalam dakwah hingga Allah memenangkan agamanya atau kita syahid di jalanNya. Tujuan kita dalam berdakwah adalah ingin menerapkan Islam sehingga umat menjadi sejahtera di dalam naungan daulah khilafah. Aamiin


Post a Comment

0 Comments