Hidup Adalah Ujian Bagi Orang yang Beriman

Oleh : Dini A (Generasi Muda Peduli Negri)    



Pada dasarnya hidup di dunia adalah ujian. Ujian adalah sunatullah, yang tidak tau kapan akan datangnya. Kepada siapa Allah memberikan ujiannya? Dan mampukah kita melaluinya?Dalam islam ujian tidak hanya berupa kesusahan, kesedihan serta penderitaan. Namun, kebahagiaan dan kenikmatan juga merupakan ujian.    



Untuk seorang muslim ujian adalah pemisah antara yang baik dan yang buruk. Karena setiap manusia mempunyai ujian yang berbeda-beda. Ada orang yang diuji dengan rezekinya. Ada orang yang diuji dengan pasangannya. Ada orang yang diuji dengan keturunannya. Ada orang yang diuji dengan kesehatannya. Dan adapun orang yang diuji dengan jodohnya. Allah menguji manusia dari sesuatu yang paling berharga yang manusia miliki. Ketika musibah atau ujian itu datang maka ucapkanlah "inna lillahi wa inna illaihi raji'un" Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepadanyalah kami kembali.   



Allah SWT berfirman:"Apakah manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan hanya dengan mengatakan, Kami telah beriman dan mereka tidak diuji?" (QS. Al-'Ankabut 29: Ayat 2)   



Rosulullah Saw bersabda :    



"Sesungguhnya besarnya pahala tergantung dengan besarnya ujian. Sesungguhnya, apabila Allâh mencintai suatu kaum, maka Dia akan mengujinya. Siapa yang ridha dengan ujian itu, maka ia akan mendapat keridhaan-Nya. Siapa yang membencinya maka ia akan mendapatkan kemurkaan-Nya (HR At-tirmidzi)    



Ketika Allah Subhanahu Wata'ala memberi beban dipundak, jangan bertanya mengapa kita diberi beban yang berat? Tapi mintalah agar pundak kita mampu untuk memikulnya. Yakinlah akan ada kemudahan setelah kesulitan, jadikanlah sebuah ujian sebagai jalan menuju surganya Allah dengan keimanan, ketakwaan, kesabaran dan rasa syukur kepada Allah. Wallohu a'lam Bisshowab.

Post a Comment

0 Comments