Tuesday, March 13, 2018

Finding The Light






Oleh: Minah, S.Pd.I
(Pengajar/Praktisi Anak Dan Remaja, Anggota Komunitas Revowriter)

Dalam mengarungi kehidupan ini, adakalanya nggak sejalan dengan yang diharapkan. Namun, hidup adalah sebuah proses kita untuk belajar, belajar bersyukur, belajar bersabar dan belajar untuk menjadi yang terbaik. Terkadang manusia belum bisa memilih jalan yang baik dalam hidupnya. Mereka hanya memilih jalan yang mulus untuk mencapai kebahagiaan. Mereka menganggap hidup ini harus instan, manusia banyak yang hanya menginginkan jalan yang “mulus” tanpa resiko dan “alergi” untuk melewati jalan hidup yang penuh duri, walaupun Ia sadar bahwa jalan yang berduri itu yang akan membawanya pada kebahagiaan. So, harus  finding the light.

Bagaimana agar finding the light atau menemukan cahaya? Yakni dengan menuntut ilmu. Dengan ilmu, kita akan mampu mengarungi kehidupan dengan benar.

Sobat, hidup itu ibarat sebuah perjalanan, yang dimana kita pasti butuh arah dan tujuan. Dengan mengetahui itu maka dibutuhkan ilmu. Manusia butuh makan, minum, tidur, beribadah, menikah dll. Semua itu pasti butuh ilmu. Karena nggak mungkin kita ibadah asal-asalan, makan sembarangan nggak ngelihat halal haram langsung lahap saja. Tapi, kita butuh ilmu, bagaimana ibadah yang benar, makan yang halal, bagaiman berpakaian yang benar dan lain sebagainya. Semua itu pasti membutuhkan ilmu. Dengan ilmu kita tidak akan asal-asalan dalam bertindak.

Menuntut ilmu itu adalah suatu kewajiban yang dibebankan kepada setiap individu Muslim. Dengan menuntut ilmu, kita akan mengetahui hukum-hukum Islam yang wajib kita ketahui. Ilmu adalah bekal kita untuk finding the light. Sebagai bekal kita dalam beribadah, bekal kita mengarungi kehidupan ini.

Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan, beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”(QS. Al Mujadalah: 11).

Rasulullah SAW bersabda:
Siapa saja yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, Allah pasti akan membukakan bagimu suatu jalan ke surga. Sesungguhnya para malaikat akan melebarkan sayap keridhoan bagi seorang pencari Ilmu. Sesungguhnya seluruh makhluk yang ada di langit maupun yang ada di bumi hingga bahkan ikan-ikan di dasar laut akan memintakan ampunan kepada Allah bagi seseorang yang berilmu. Sesungguhnya keutamaan orang yang berilmu dengan seorang ahli ibadah adalah laksana keutamaan cahaya bulan purnama pada malam hari atas seluruh cahaya bintang. Sesungguhnya pula, orang-orang yang berilmu (para ‘alim ulama) adalah pewaris para Nabi, sementara para Nabi tidak mewariskan dinar ataupun dirham, tetapi mewariskan Ilmu. Karena itu, siapa saja yang mengambil ilmu, ia berarti telah mengambil bagian yang sangat besar. (HR. Abu Dawud, ibnu Majah, at- Tarmidzi).

Subhanallah, begitu besar keistimewan orang-orang yang berilmu. Dengan ilmu juga kita bisa menemukan cahaya, dari tidak tahu menjadi tahu. Karena dengan ilmu kita akan tahu kesempurnaan Islam. Allah mewajibkan menuntut ilmu, wajib beramal sholeh, menutup aurat menggunakan jilbab dan kerudung, mencintai Allah dan Rasul, berdakwah, menjadi pengemban dakwah, dan masih banyak lagi  ilmu Islam yang wajib dipelajari. Finding the light.





Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!