Cantik Itu Anugerah, Sholihah Itu Wajib!




Oleh: Ratu Ashya

Wanita cantik menurut kalian tuh gimana sih gaes? Yang fotonya di edit trus dipajang di sosmed? Atau yang pake baju kurang bahan alias kek gak pake baju? Atau yang giginya dipagerin alias behel? sebenernya standar cantik dalam pandangan islam tuh kek gimana sih? Yuk atuh kita bahas satu per satu.

Cantik itu anugerah yang Allah berikan. Cantik itu bukan hanya cantik fisik doang loh gaes, ada cantik yang terpancar dari dalam dirinya yang biasa disebut Inner Beauty. Cantik itu datang alami ya gaes..
makanya Cantik itu Anugerah yang emang Allah kasih. Cantik bukan sekedar edit foto sedemikian rupa biar terlihat putih, tirus atau apalah.. itu mah cantik nya gak Unchh.. gak like banget deh... kasian loh kalau temenan di sosmed, trus pas ketemu beda nyaaa naudzubillah sama yang difoto haha.. kena tipu deh lohh.. makanya tak sedikit korbannya yang sudah kena tipu kek begituan.

Gimana dung kalau kita yang biasa aja, cantik enggak, jelek engga (abstrak ehehe)? Siapa sih yang ingin terlihat jelek, gak adakan, tapi sekalinya di bilang cantik, beuh bisa ngefly tuhh.. Kalau aku sih
cuek aja, dibilang cantik alhamdulillah, dibilang jelek..(hem.. masih gua liatin..ehehe). Mendingan nih
ya gaes, terlihat cantik dihadapan Allah daripada terlihat cantik dihadapan manusia. Kalau manusianya gak ngebayangin tentang kita, kalau ngebayangin yang enggak enggak, kita juga yang
dosa loh gaes.. hati hati lohh. Guru aku juga pernah kok nyaranin buat ngapusin semua foto sendiri yang ada di sosmed, biar menjaga aja sih.

Kalian tau gak gaes, kita nih (para perempuan) adalah wanita yang sangat dimuliakan sama Allah. Kalian tau gak? Nih ya seperti hadits tentang kecantikan seorang wanita,
“Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baiknya perhiasan dunia adalah wanita
shalihah” (HR. Muslim)

Ibarat perhiasan mahal yang disimpen dikaca yang bagus dan dijaga dengan baik, itulah wanita Shalihah. Sekarang, kalian mau jadi wanita mahal yang susah didapat atau wanita murah yang
gampang diraih? Sok dah pilih.

Islam juga punya standar cantiknya wanita loh.. nih aku kasih deh tips-tipsnya,

 Wanita cantik adalah wanita yang beriman

Ditebelin tuh biar keliatan ehehe. Buat apa cantik kalau kalian gak beriman kepada Allah dan Rasul-Nya. Iman tuh sangat penting loh gaes.. karena kalau kalian gak punya iman, hidup kalian bakalan
ambigu gak punya arah. So, wajib kudu harus must banget nih kalian semua beriman pada Allah dan Rasul-Nya biar hidupnya ada arahnya.

 Wanita cantik senantiasa menjaga lisannya

Jaga lisan? Iyup perkataan. Kita juga kudu banget nih jaga lisan terutama kita sebagai wanita. Kek ketawa seperlunya, jangan terlalu kebawa suasana, belum lagi nih ya biasanya  ketika dua orang
perempuan udah ketemu, selaluuu aja ada perbincangan, entah itu ngomongin tetangganya, temennya, segala bae ge. Apalagi kalau udah emak emak gabung, gibah doang isinya. Inget dosa..

 Wanita cantik itu menjaga sholatnya

Menjaga sholat disini maksudnya itu sholat tepat pada waktunya. Shalat itu kewajiban bagi ummat Islam dan akan mendapat dosa  jika ditinggalin loh gaes.

Allah juga udah memerintahkan kita buat shalat, seperti firman Allah dalam
QS. An Nur ayat 56 yang artinya,
“Dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat, dan taatlah kepada rasul, agar kamu diberi rahmat”.

 Wanita cantik ialah wanita yang berpendidikan

Berpendidikan itu gak harus sekolah yang tinggi kok, cukup bermodal pengaplikasian ilmu yang baik. 

Tapi juga bukan berarti ngelarang kalian buat sekolah tinggi yaa.. Pandai-pandai memanfaatkan ilmu.

Itulah wanita cantik, aduh idaman banget kan.

 Wanita cantik itu bisa menjaga auratnya

Hmm.. jaga aurat ya? menurut aku sih ya,  perempuan bakalan terlihat kecantikannya ketika dia memakai khimar dan jilbabnya, aslii banget ini mah gak tipu. Dan bukan hanya sekedar memakai, bukan sekedar nempel aja, tapi memakai jilbab dan khimar sesuai syari’at Islam. Aduuh cantiknyaa.  
Kamu adalah buktiii, eheey bukan bukti yang itu, kok malah nyanyi, ehehe.

Allah berfirman dalam QS. Al Ahzab ayat 59 yang artinya,

“Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin, Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka. Yang demikiam itu 
agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun Maha penyayang.”

Ohiya gaes, jilbab juga sebagai tanda pengenal kita sebagai Muslimah loh.. 

So, Cantik emang Anugerah yang Allah berikan, tapi Jadi wanita sholihah itu udah jadi kewajiban kita 
sebagai muslimah. Dan lebih lagi, wanita sholihah (seperti kriteria diatas) itu sudah mencakup standar kecantikan dalam pandangan Islam. Jadi, gausah takut keliatan kuno kalau berpakain sesuai 
syari’at Islam dan jangan takut dibilang kolot kalau ngomongin agama. Cantik di hadapan Allah lebih mulia dibanding dihadapan Ciptaan-Nya.

انظر ما قال ولا تنظر من قال
“Lihatlah apa yang dikatakan jangan melihat siapa yang mengatakan” 

Wassalam. 

Post a Comment

0 Comments