Tanpa Sertifikat, Komoditas dari Malaysia dan Singapura Dimusnahkan Karantina Makassar

RemajaIslamHebat.Com - Makassar, (07/12). Karantina Makassar musnahkan komoditas tumbuhan dan beberapa sampel komoditas hewan  tanpa dokumen. Komoditas tersebut berasal dari negara  Malaysia dan Singapura.

Komoditas yang dimusnahkan dengan cara dibakar pada alat incenenator, diantaranya, bawang merah,bawang putih, buah jeruk, apel, ciplukan, paprika, jamur, buncis, buah kiwi, anggur, buah berry, kelengkeng, langsat, cabe, wortel, mangga, serta sampel daging ayam beku. Komoditas tersebut disita di Wilker Bandara Hasanuddin, Makassar.

Pemusnahan dilakukan karena pemilik tidak menyertakan sertifikat karantina dari negara
asal.
"Untuk menjaga kualitas dan ketersediaan serta ketahanan pangan, maka pemerintah memperketat pemeriksaan barang masuk," kata Kabag umum, Nuralim T Kimin, rabu (06/12).

"Pemusnahan komoditas tersebut juga menghilangkan anggapan masyarakat bahwa barang sitaan karantina dicicip oleh petugas karantina", kata Abdul Rahman, Kasie KT.
Kerja sama yang sinergis dengan petugas Bea Cukai, Kepolisian, Otoritas Bandara, dan Aviation Security ikut membantu petugas karantina dalam melaksanakan tugasnya.[Badan Karantina Pertanian]

Post a Comment

0 Comments