Jaga Ukhuwah, BKLDM Keakhawatan UHO Gelar Kajian Intelektual Muslimah

KabarUHO - Pada hari Ahad, 03 Desember 2017 pukul 16.00-17.30 WITA yang bertempat di Pelataran Tugu UHO, kembali LDK-BKLDM Keakhawatan UHO telah melaksanakan agenda rutin yakni Kajian Intelektual Muslimah (KIM) part 3 dengan topik “Jaga Ukhuwah, Bersama Menyongsong Peradaban Islam Gemilang”.

Ukhti Marwa selaku moderator yang membuka sekaligus memandu jalannya kegiatan KIM yang kemudian mempersilakan Ukhti Nurhidayat S. selaku pemateri menyampaikan bahwa untuk menjaga ukhuwah tak cukup dengan berdiam diri atau sekadar mengakui ikatan persaudaraan dan status kemusliman kita, sebab penjagaan ukhuwah yang sebenarnya adalah dengan merealisasikan penjagaan Ukhuwah yang diinginkan Allah SWT. dan Rasulullah Saw. Hal ini telah dijelaskan dalam Al-quran bagaimana kemudian Allah SWT. mewajibkan setiap hamba untuk menjaga ukhuwah. “Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu karena nikmat Allah, menjadilah kamu orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu daripadanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.” [Ali Imrân/3:103].

Demikian banyak seruan Allah dalam peranan kita untuk menjaga Ukhuwah. Rasulullah Saw. pun telah menyerukan kepada umat Muslim agar menjaga ukhuwah, sebagaimana dalam sabda beliau, “Janganlah kalian saling membenci, saling mendengki dan saling membelakangi. Jadilah kalian sebagai hamba-hamba Allah yang bersaudara.” [Muttafaq ‘Alai] dan dalam hadits yang dibawakan oleh an-Nu’mân bin Basyîr Radhiyallahu anhu beliau Rasulullah Saw. bersabda “Perumpamaan kaum mukminin satu dengan yang lainnya dalam hal saling mencintai, saling menyayangi dan saling berlemah-lembut di antara mereka adalah seperti satu tubuh. Apabila salah satu anggota badan sakit, maka semua anggota badannya juga merasa demam dan tidak bisa tidur.” [HR. Bukhâri dan Muslim, sedangkan lafalnya adalah lafazh Imam Muslim]. Demikian pula pemateri menjelaskan makna mulia tatkala ukhuwah itu terjaga. Menjaga ikatan Ukhuwah Islamiyyah juga sebagai salah satu alasan kejayaan islam yang pernah ada dan tak lepas dari peranan pemuda sebagai Agen Perubahan yang mampu memberikan kontribusi besar dalam kegemilangan peradaban islam 14 abad yang lalu. Sebagai seorang pemuda yang berstatus muslim dan Mahasiswa, kini adalah momentum terbaik pemuda menyatakan sikap bergabung dalam barisan agen perubahan islam untuk mengembalikan kejayaan islam yang penuh rahmat, ujar Pemateri sekaligus menutup materinya.
==========================================
Mau belajar Islam lebih Intensif? Yuk Belajar Bersama Kami di LDK-BKLDM Keakhawatan UHO dan temukan Sahabat Taatmu !!!
FP : LDK-BKLDM KEAKHAWATAN UHO
IG : @ldk_bkldm_keakhawatan_uho atau @uho_menutup_aurat
CP : 0831-3515-2565

Post a Comment

0 Comments