Jadi Primadona di Tana Toraja, Kerbau Belang Sumbawa Diperiksa Karantina

RemajaIslamHebatBerita - Sumbawa, (06/12). Kerbau atau tedong merupakan sesembahan tertinggi masyarakat adat Tana Toraja di  Sulawesi Selatan yang ditujukan kepada arwah orang yang sudah meninggal. Kerbau diyakini sebagai kendaraan bagi arwah untuk menuju alam akhirat (puya).

Prosesi pemakaman atau biasa disebut 'rambu solo' dihelat berhari-hari bahkan berminggu-minggu, dengan dihadiri ribuan tamu yang datang. Daging kerbau menjadi jamuan pokok tamu yang datang berkabung, sehingga tidak mengherankan jika kebutuhan kerbau potong di Sulawesi Selatan cukup tinggi khususnya kerbau belang (albino). Dalam kurun waktu sebelas bulan di tahun 2017 ini saja 658 ekor kerbau belang Sumbawa dikirim ke Tana Toraja melalui Pelabuhan Laut Badas. Kerbau belang (albino) dari Sumbawa menjadi primadona di Kabupaten Tana Toraja karena kepercayaan masyarakat bahwa kerbau yang dijagal semakin unik maka semakin tinggi status sosialnya di masyarakat.

Rabu (06/12), petugas Karantina Sumbawa tengah memeriksa 72 ekor kerbau belang yang akan diberangkatkan ke Tana Toraja melalui Pelabuhan Laut Badas. Pemeriksaan fisik, dokumen, dan alat angkut merupakan rangkaian kegiatan yang wajib dilakukan sesuai Standar Operasional Prosedure (SOP) pada setiap media pembawa yang akan dilalulintaskan. Pengujian RBT (Rose Bengal Test) untuk mengetahui adanya penyakit Brucellosis dan uji ulas darah sederhana untuk mendeteksi penyakit Trypanosoma dan Anthrax juga telah dilakukan di laboratorium Karantina Sumbawa untuk mencegah tersebarnya Hama dan Penyakit Hewan Karantina (HPHK).

Nah SobatQ, selain ke Tana Toraja kerbau potong Sumbawa juga tersebar ke berbagai daerah di Indonesia. Tercatat dari laporan operasional Karantina Sumbawa 5.160 ekor kerbau potong  Sumbawa menyeberang ke beberapa pulau di Indonesia seperti Kalimantan, Lombok, Sulawesi, Sumba dan Jawa. Semoga target 2026 swasembada daging dapat tercapai dan 2045 Indonesia menjadi lumbung pangan dunia.[Badan Karantina Pertanian]

Post a Comment

0 Comments