Hari Ini, Raport Kalian dibagikan Nak

RemajaIslamHebat.Com - Bismillah. Tiap akhir semester awal, akhir pembagian raport diberikan pihak sekolah melalui guru kepada orang tua.

Deretan angka-angka itu menggambarkan penilaian hasil belajar anak sekian bulan.

Adakah orang tua yang masih perlu kecewa jika anaknya berkembang tidak sesuai harapan di raport?

Adakah orang tua yang begitu gembira ketika hasil belajar anaknya jauh melampaui harapan?

Semoga kita semua bukan orang tua yang tidak terlalu keburu kecewa? atau berpuas diri atas segala prestasi yang anak raih.

Jika kita termasuk ortu yang masih menilai anak dari deretan angka-angka, itu artinya masih terbelenggu pola asuh lama, zaman old. Dimana deretan angka begitu menjadi penting buat mengukur prestasi anak.

Deretan angka tinggi akan tidak sebanding, jika perilaku akhlak belum mencerminkan dengan baik. Lihatlah kini, bagaimana dampaknya bertahunan nilai akademik begitu dijunjung untuk menilai kemampuan seseorang. Sedangkan kemampuan lainnya menjadi seolah terbelakang.

Perhatikan dengan benar, wahai ayah, wahai ibu. Aspek lain penilaian akan ketrampilan dan keahlian yang anak kalian miliki. Bisa jadi ketrampilan dan kecerdasan majemuk belum ada nilainya di raport. Hingga anak mu belum terukur kemampuannya secara menyeluruh.

Jadilah orang tua yang adil dalam menilai kemampuan anak. Hingga anak tidak merasa cemas akan prestasi akademis yang tidak dimiliki. Anak hanya menjadi cemas, jika ia telah menyakiti temannya disekolah.

Jadilah orang tua yang bijak dalam mengenali kebaikan anak. Hingga anak tidak perlu sedih, saat mendapati dirinya berbeda tidak mengikuti segala hal yang sedang trend kekinian.

Jadilah orang tua yang rendah hati dalam mengakui kelebihan perilaku baik anak . Hingga anak tidak buru-buru ingin dianggap berprestasi hanya karena nilainya tertinggi.

Bersabarlah wahai orang tua untuk ingin menggegas anak meraih secepat mungkin hasil belajar yang baru bisa diukur angka-angka.

Bergegaslah justru mendidik anak, agar karyanya dinikmati menyeluruh, yang tetap memperhatikan benar akhlak muslim dalam keseharian. Dan mampu memberikan seluasnya manfaat.

Berilah asupan kasih sayang, tuntunan moral dan agama yang baik, hadirkan apresiasi dan berikan penghargaan atas perilaku baik anak.

Bukankah kita merindukan kelak, hadirnya pemimpin shalih, ayah yang perhatian dan penyayang, ibu cerdas santun, suami istri rendah hati dan pembelajar cerminan didikan moral, agama ortu sebelumnya.

Dan bagaimana mungkin itu yang akan didapat jika kita hanya memburu prestasi anak dari deretan angka-angka semata.

Penulis : Mbak Nurliani
-baru saja ambil raport

#JadilahOrangtuaNow
#MemperhatikanKelebihanAnak

Post a Comment

0 Comments