TAAT pada ALLAH sang KHALIQ

Oleh : Ustadzah Sukiyati Satuhu

Entah mengapa.. ada saja cerita yang mengalir dari anak anak saat kita ber "motoran" bersama.. ada cerita lucu, sedih dan bahagia.. semua termaknai begiti berharga bagi saya.. sebagai fulltime mother sekaligus fulltime teacher bagi anak anak..
Seperti hari ini.. miqdamku banyak berceloteh saat bersama dalam perjalanan pulang ke rumah..

Miqdam : "ummi, aku sekarang sudah bisa menggambar semua benda lho.. ada rumah, mobil, beruang, kucing, pohon, ulat dan banyaaakkk lagi.. aku hebat kan?"

Ummi : " hebat lah.. kan anak ummi.. oya.. kira kira, semua yang dedek gambar.. bisa hidup ga dek?"

Miqdam : "ya ga lah mi.. kan cuma gambar..."

Ummi: "ohhh gitu.. kata dedek nih..kira kira ada ga manusia yang bisa membuat satu saja makhluk hidup yang mirip dengan ciptaan Allah, dan dia kemudian menghidupkannya?

Miqdam : " ya ga da lah mi..."

Ummi : "mengapa dek?"

Miqdam : "karena manusia bukan Allah.. jadi manusia ga bisa kayak Allah.."

Ummi : " ya.. betul.. sip.. dedek TOP.. manusia diciptakan oleh Allah, dan Allah yang menciptakan manusia.. selain manusia Allah juga menciptakan alam semesta dan seisinya.. karena Allah menciptakan semuanya maka Allah di sebut "KHALIQ"..

Miqdam :"iya mi.. di asmaul husna ada sifat al khaliq.. itu artinya pencipta ya.."

Ummi: "ya, hmmm. Menurut dedek.. Allah tahu ga tentang segala sesuatu yang di ciptakanya?"

Miqdam :"ya tahu lah.. dan Allah yang menciptakan.. pasti Allah juga tahu tetang yang di ciptakan"

Ummi : "Allah tahu tentang yang di ciptakan.. maka Allah memberi aturan untuk makhluq yang di ciptakan.. kira kira.. apa yang harus dilakukan oleh makhluq yang di ciptakan.. "manut" dan taat sama Allah.. atau "ga manut" dan membangkang pada aturan Allah?"

Miqdam :"ya.. manut lah mi.."

Ummi:" betul sekali.. kita seharusnya manut sama aturan Allah.. klo Allah membuat aturan bahwa manusia harus beribadah pada Allah saja maka cukup beribadah pada Allah.. bukan sama patung, pohon gede, atau batu.. kita juga ga boleh percaya bahwa ada makhluq yang memiliki kekuatan luar biasa.. menyamai kekuatan Allah.. misal "boboiboy", "paddle pop", "spiderman" dan lainya.. yang di ceritakan punya kekuatan.. semua itu "bohong" hanya di film saja.."

Miqdam :"iya mi.. aku juga ga percaya.."

Ummi: "berarti.. besok besok nonton filmnya di kurangi ya.. dan klo nonton dan tiba waktu sholat, dedek segera sholat yang khusu' ga cemberut.. karena Allah harus di utamakan daripada nonton film "

Miqdam :"iya deh mi... "

================================

Memberi teguran agar anak taat dan tanpa tarik urat.. dengan memanfaatkan moment terbaik akan memberikan sebuah pemahaman permanen tanpa harus melukai hati anak anak kita..

Post a Comment

0 Comments