Sumpah, Aku Pemuda!

RemajaIslamHebat.Com - Melihat kelakuan 'kids jaman now' perasaan itu kayak nasi uduk. Eh, campur aduk maksudnya. Antara miris, sedih, geram, sebal tapi juga lucu pengen ketawa.

Heran. Kenapa tingkah 'Kids jaman now' itu aneh-aneh, seperti; bocah SD yang sudah main papa-bunda, bikin pomade dari susu kental manis bendera dan ngemil pake micin sachetan. Jujur aja, dulu saya juga doyan nyemil sachetan, tapi saya selalu pilih yang begizi, kalau gak milo ya energen. :D

Kenapa bisa begini? mungkin satu pertanyaan yang banyak mengisi benak kita saat melihat fenomena hari ini tentang anak-anak kita. Jawaban sederhananya adalah; karena mereka dijauhkan dari nilai-nilai agama.

Di hari sumpah pemuda ini tergelitik saya untuk mengingat bagaimana anak-anak pada masa lalu di kurun terbaik umat ini. Pada usia yang sama dengan anak-anak kita hari ini, tapi kualitas mereka jauh di atas rata-rata, boleh jadi diatas kualitas diri kita.

Berderet banyak nama anak-anak menakjubkan yang lahir, tumbuh dan besar dengan mengagumkan. Mulai Ibnu Abbas di usia 15 tahun sudah menjadi tempat bertanya para sahabat tentang ayat-ayat Al-Quran, Usamah bin Zaid memimpin pasukan menggempur Romawi di usia 18, Mu'adz dan Mu'awwidz dua pemuda 14 tahun berduet di laga perang Badr  menghabisi si Jenderal Quraisy Abu Jahal. Dan banyak lagi yang lain.

Estafet pemuda brilian tak putus sampai disitu. Al-Quran dan petunjuk nabi yang diterapkan dan diamalkan menjadi modul utama sebagai rujukan pendidikan setiap orang tua masa itu benar-benar mencetak produk unggulan. Maka tak heran 'Kids jaman old' benar-benar berkualitas.

Pemuda hari ini harus kembali melihat ke belakang. Membuka kembali lembar-lembar usang tentang bagaimana seharusnya pemuda itu berbuat. "Berikan aku 10 pemuda, aku goncangkan dunia"  begitu bapak Proklamator bangsa ini menggambarkan pemuda. Sebuah Aset bangsa yang kelak amanah negeri ini akan berada di pundak mereka.

Maka di Hari Sumpah Pemuda ini, mari yang muda-muda memusabahi diri "Apa yang sudah aku perbuat untuk agama dan negeri" dan bagi yang tua-tua "Bekal apa yang kiranya akan kubawa mati" ^_^ . Dengan sangat kami memohon kepada yang tua-tua, sudi kiranya menghaturkan banyak do'a-do'a untuk kami yang muda-muda. Karena godaan pemuda itu banyak sekali macamnya.

Selamat hari Sumpah Pemuda
Fadjar Jaganegara, Perawat Ingatan.

#ResahPemuda
---
Ket gambar: hanya pemanis, Bukan Kids jaman now

Sumber:

Fb: Fadjar Jaganegara

Post a Comment

0 Comments