Suka Julid? Mungkin, Hidupmu Kurang Fokus

RemajaIslamHebat.Com - Salah satu hal yang bisa aku ambil pelajaran dari keberagaman manusia yang mengunjungi Baitullah adalah perbedaan tidak menjadikan kami saling berselisih. Semua fokus dalam melaksanakan ibadahnya masing-masing.

Pakaian muslimah disana beraneka rupa. Mulai dari warna hingga modelnya. Ada yang semacam hijabers Indonesia, ada yang pake tudung kepala dengan diselempangkan saja, ada yang pake cadar. Bahkan model cadarpun beraneka rupa, mulai dari yang masih terlihat kedua matanya hingga yang tak terlihat semilipun bagian wajahnya.

Tak pernah kulihat ada orang yang sibuk memperdebatkan. Tidak juga aku mendapati pemisahan shaf dalam solat hanya karena perbedaan cara menutup aurat.

Semua sibuk dengan ibadahnya,  dengan doa-doanya,  dengan tangisan kerinduannya akan Baitullah.  Beragam perbedaan tak sedikitpun membuat para pencintaNya tersekat dan saling julid.

Manusia-manusia dengan beragam cara mencintaiNya berkumpul,  duduk bersebelahan,  menangis bersama,  berdoa dalam khusyuknya masing-masing. Tidak ada beda antara yang solat dengan meletakkan tangan di atas dada atas,  atau dada bawah,  atau dengan yang sepanjang solat tangan mengepal disisi badan.

Tak ada masalah. Semua solat bersama menghadap Ka'bah.

Karena... manusia-manusia yang berkumpul di Masjidil Haram memancangkan niat untuk beribadah, menumpahkan kerinduannya akan Baitullah, melesatkan doa-doanya dalam tangis,  mengiba kepada Sang pemberi hidup untuk dibukakan ampunanNya.

Disini semua  memiliki fokus yang sama,  sehingga tak ada kesempatan untuk memperdebatkan perbedaan.

Aku seolah bisa melihat kebesaran Islam dalam balutan ukhuwah.

Andai.. ah saya mulai berandai-andai ni. Andai muslim di Bumi Nusantara juga tidak sibuk untuk saling menyalahkan golongan lainnya, bersatu padu merekatkan persaudaraan.  Mungkin salah satu kegaduhan negri akan mampu diredam.

Semoga..akan ada masa,  dimana orang akan saling menasihati dan mengajak pada kebaikan tanpa mencaci ataupun menyudutkan. Semoga juga tidak orang yang membenci orang lainnya hanya karena diajak pada kebaikan.

Yuk.. fokus sama hidup kita masing-masing agar tak julid dengan hidup orang lain.

Yuk.. melapangkan hati agar selalu bisa mendengar dan menerima nasihat baik dari orang lain.

#30DWC9
#Day25
#Menasihatidiriyangseringsalah

Sumber:

Fb: Deasy Febrianti

Post a Comment

0 Comments