Friday, November 24, 2017

SAY YES TO HIJRAH !!!

Oleh : Teh Yul Rachmawati M.A

Assalamu’alaykum wa rohmatullahi wa barokatuh

Apa sih Hijrah ? 

Hijrah secara bahasa berasal dari kata hajara yang berarti berpindah dari suatu tempat ke tempat lain, dari suatu keadaan ke keadaan yang lain (Ash-Shihhah fi al- Lughah, II/243, Lisan al-‘Arab, V/250; Al-Qamus Al-Muhith, I/637). Hijrah yang berarti meninggalkan sebuah tempat menuju tempat lain agar dapat melaksanakan ketaatan kepada Allah SWT ini disebut hijrah makani.

Selain secara bahasa, hijrah juga dapat diartikan secara maknawi atau hakekat. 
Hijrah hakekatnya adalah meninggalkan segala yang dilarang Allah dan Rasul-Nya baik secara lahir (perbuatan) maupun batin (hati), serta menaati seluruh aturan- aturan Allah dan Rasul-Nya. 

Dalil-dalil dari hijrah diambil dari Al-Qur’an 

"Barang siapa yang berhijrah dijalan Allah niscaya mereka mendapati dimuka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rezeki yang banyak. barang siapa yang keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah kepada Allah dan RasulNya, kemudian kematian menimpanya ( sebelum sampai ketempat yang dituju) maka sungguh telah tetap pahalanya disisi Allah. dan Allah Maha Pengampun lagi maha penyayang" (Q.S An Nisa : 100 )

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berhijrah di jalan Allah, mereka itu mengharpakn rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” “Dan orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad pada jalan Allah, dan orang-orang yang memberi tempat kediaman dan memberi pertolongan (kepada orang-orang mujairin), mereka itulah orang-
orang yang benar-benar beriman. Mereka memperoleh ampunan dan rezki (ni;mat) yang mulia. (Qs. Al-An’fal, 8:74)

“Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta benda dan diri mereka adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah; dan itulah orang-orang yang mendapat kemenangan (Qs. At-Taubah, 9:20)

Berdasarkan ayat Al-Qur’an di atas, janji Allah pada orang-orang yang berhijrah 
sangat banyak yaitu diantaranya : diberikan tempat hijrah yang luas, rezeki yang banyak, pahala, dikatakan orang beriman, memperoleh ampunan, tinggi derajatnya di sisi Allah serta mendapatkan kemenangan 

NAMUN, KATA KUNCINYA ADALAH HIJRAH KARENA ALLAH ..

So, muslimah..cek lagi niat kita. Apakah niat kita hijrah benar-benar karena Allah 
SWT atau karena ingin mengejar seorang manusia (misalnya ikhwan-ikhwan sholeh) hehe atau penilaian manusia yang lain (misalnya biar dikatakan shalihah, pinter, dsb). Kalau niatnya salah, kan sayang…nanti yang didapet bukan janji-janji Allah di Al-Qur’an, tetapi hanya penilaian manusia yang tidak membawa manfaat untuk kita.

Inti dari hijrah adalah keridhoan kita untuk taat kepada hukum-hukum Allah SWT. Mampukah kita untuk membuka mata, telinga, dan hati kita untuk mendengar ayat-ayat Allah dan menerima hukum-hukum Allah SWT seluruhnya tanpa memilah ayat mana yang kita suka dan tidak?

HIJRAH ITU SULIT : TAPI KALAU AKU BISA, KAMU JUGA

Sahabatku yang shalihah, hijrah itu memang sulit, tetapi hadiahnya sangat luar biasa. Ya, janji Allah sangat luar biasa pada orang-orang yang mengazzamkan/meniatkan dirinya dengan sepenuh hati untuk berhijrah. Sehingga, hal yang dilakukan pertama kali untuk berhijrah adalah NIAT. Ya, niat yang kuat….bukan hanya sekedar keinginan tetapi niat yang bersumber dari dalam hati.

'Bahwasanya segala amal perbuatan tergantung niatnya. Dan bahwasanya bagi setiap orang akan mendapatkan apa yang diniatkannya. Barang siapa yang berhijrah karena mengharapkan keridhaan Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya tersebut akan mendapatkan pahala keridhaan Allah dan Rasul-Nya. Dan barang siapa yang berhijrah karena kepentingan dunia, atau karena wanita yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya tersebut akan mendapatkan apa yang telah diniatkannya'. (Muttfaqun Alaih)

Hijrah adalah jalan keselamatan, didalamnya pasti ada proses jatuh bangun. Tetapi, kita harus yakin walau jalanan itu terjal, kita mampu melewatinya karena kita bersama Allah SWT. Bukankah Allah mengatakan, setiap orang beriman itu akan diuji? Maka, setelah kita memutuskan berhijrah, yang akan kita hadapi adalah ujian demi ujian.

Misalnya, pertama kali memutuskan untuk berhijab syar’i pasti akan banyak sekali ujian-ujian yang hadir. Entah dikatakan seperti ibu-ibu, atau bahkan banyak asumsi yang pake hijab akan sulit jodoh. Sabarlah, sahabat shalihahku…itu hanyalah ujian 
pertama setelah memutuskan berhijrah dalam hal pakaian syar’i.

Sebelum kita, tentunya sudah banyak para sahabat yang berhijrah misalnya Umar bin Khatab yang dulunya merupakan penentang keras Rasulullah kemudian dengan izin Allah menjadi orang yang terdepan membela agama Allah. Masya Allah Atau kisah nabi Luth yang selalu didustakan kaumnya ketika berdakwah, bahkan beliau diancam dibunuh. Tetapi nabi Luth tak gentar menghadapi ancaman itu semua, dan ia berkata “Sesungguhnya saya telah berhijrah menuju Tuhan saya, 
sesungguhnya Dialah yang Maha Perkasa dan Bijaksana.” (Al-Ankabut: 26)

Sahabat shalihaku, para pendahulu kita sudah membuktikan kalau mereka mampu untuk berhijrah dan menampakkan identitas sebagai muslim. Mereka adalah seseorang yang memiliki karakteristik sebagai muslim sejati yaitu “yakhtalitun walaakin yatamayyazun” (bercampur baur namun memiliki ciri khas tersendiri/tidak terkontaminasi).” Dan semoga kita termasuk orang-orang yang 
demikian. Aamiin. 

HIJRAH ADALAH PROSES : YUK SEGERAKAN !!

Sahabatku, hijrah tak semerta-merta mengubahmu menjadi malaikat tanpa cacat. Sesungguhnya, katakan pada dunia bahwa yang kita inginkan hanyalah taat. Ya, taat secara perlahan-lahan. Jika tak sanggup berlari, maka merangkaklah kemudian berjalan dengan hati-hati. Karena hijrah, tak hanya terkait seberapa cepat tetapi juga 
tentang merangkul ketaatan sampai akhir hayat.

Dalam hijrah, kita perlu mendaki sedikit demi sedikit layaknya menaiki gunung. 
Keindahan itu akan muncul ketika diakhir kawanku, bukan diawal. Maka bertahanlah hingga kalian bisa menikmati keindahan tersebut yang Allah sediakan untuk orang-orang pilihan. 

SETELAH HIJRAH, TERBITLAH ISTIQAMAH

Setalah proses hijrah yang dipenuhi jalanan terjal dan membatu, maka tugas kita selanjutnya adalah istiqamah.

Secara bahasa, istiqamah berarti tegak dan lurus. Bukan hal yang mudah untuk menjadi seseorang yang selalu terus tegak dan lurus dalam kebaikan, maka memiliki iman yang relatif stabil memang harus dikondisikan agar menjaga semangat taqwa selalu membara. 
Sebagaimana hijrah, Allah pun akan memberikan hadiah bagi orang-orang yang istiqamah, sebagaimana dalam firman Allah SWT

“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan kami adalah Allah 
kemudian mereka istiqomah pada pendirian mereka, maka malaikat turun kepada mereka (dengan mengatakan): “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih dan bergembiralah kamu (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu”. (Q.S Fushilat: 30)

Banyak yang mengatakan, hijrah itu mudah tetapi istiqamahlah yang sulit. Ya, memang demikian adanya karena seseorang yang istiqamah akan kuat dalam menjalani tantangan kehidupan. Ia akan terus bertahan walau banyak cobaan menerpanya. Maka, ketika sudah dalam proses ini berdoalah selalu pada Allah dan banyaklah mencari sahabat-sahabat taat di majelis-majelis ilmu. 
Dalam masa istiqamah ini, setan mempermainkan hawa nafsu kita. Rasa ingin kembali pada masa lalu mungkin saja sering berbisik. Mungkin kita akan kembali mengingat masa ketika teman-teman masih banyak, atau masa ketika kita dapat bebas bermain dengan lawan jenis sebebasnya. Tetapi, ingatlah pikiran tersebut  lhanyalah ujian-ujian yang ditimpakan dalam masa istiqamah.

Peluklah perubahanmu erat-erat bersama orang-orang yang juga menginginkannya. Jangan biarkan bisikan itu mengalir lembut memenuhi gendang telingamu. Ingatlah proses menuju istiqamahmu yang luar biasa berat. Tak apa jika sendirian, bukankah 
amal kita akan dihisab sendiri-sendiri? 
Terakhir, saya kutipkan pesan dari Ustadz Felix Siauw pada kita semua, 
“Hijrah bukan berarti harus semuanya baik, karena justru hijrah adalah 
proses perjalanan menuju kebaikan”
#Yuk_berhijrah


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!