Monday, November 20, 2017

Reportase Focus Group Discussion Paguyuban Muslimah Bogor

RemajaIslamHebat.Com - “Saatnya kaum muslimin menjadi muslihuun, yaitu orang-orang yang memperbaiki kerusakan bumi  dengan Syariat Allah”.   Demikian pernyataan Ummu Syakira, narasumber Focus Group discussion (FGD) yang diselenggerakan Paguyuban Muslimah Bogor (PMB).  Para ibu, yang kebanyakan tokoh Muslimah di wilayahnya dan di bidangnya menjadi bertambah semangat memahami Syariat Islam kaffah.  Saat ini, bisa dilihat dan dirasakan berbagai kerusakan/krisis di muka bumi sebagaimana peringatan dari Allah  “Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia.” Kerusakan fisik terlihat adanya berbagai kerusakan alam: polusi, kekurangan air, kebakaran hutan hingga banjir. Sementara kerusakan masyarakat terlihat dari rusaknya akhlaq, aqidah dan interaksi yang ada di tengah masyarakat.

Allah telah menjadikan manusia sebagai Khalifah di bumi, yaitu mengelola, memelihara dan merawat bumi agar bisa dimanfaatkan seluruh penduduk bumi termasuk manusia.  Ketika manusia tidak mengelola sesuai dengan aturan yang menciptakan bumi, yaitu Allah Ta’ala, saat itulah kerusakan/krisis melanda bumi ini.  “Hanya muslim yang layak menjadi khalifah di bumi, agar bumi ini berkah dan tidak ada kerusakan.   Karena, pada orang kafir tidak ada keimanan kepada Allah dan aturannya, tentu tidak akan menjadikan Islam sebagai aturan untuk mengelola bumi. Kenyataannya, orang Yahudi justru telah melakukan pengrusakan, seperti penghancuran kaum muslim dan wilayahnya di Palestina. Kaum Nasrani pun telah melakukan pemutarbalikan terhadap ajaran ilahi dengan konsep penebusan dosa dan trinitasnya. Bagaimana mungkin mereka dengan perilaku seperti itu bisa menjadi khalifah di muka bumi?“ tandas pembicara.
Karenanya, muslim dengan berbekal Islam kaffah yang berasal dari Allah akan menyelamatkan bumi ini dari kerusakan.

Di sisi lain kaum muslimin diperintahkan untuk hidup dibawah Islam kaffah sebagai konsekuensi syahadah, taat kepada syariahNya. Islam itu kaffah karena aturannya mencakup seluruh aspek yang meliputi  hablun min Allah, hablun min an-nafsi, hablu min an- nasi.  Hablu min Allah mencakup hukum-hukum yang mengatur hubungan manusia dengan Allah, seperti terkait ibadah ritual (sholat, puasa, haji, zakat dan jihad). Hablu min an-nafsi mencakup hukum-hukum yang mengatur hubungan manusia dengan dirinya sendiri, seperti bagaimana cara berpakaian, makan, minum dan  berakhlaq.  Hablu min an-naasi mencakup hukum-hukum yang mengatur hubungan manusia dengan manusia lainnya dalam masyarakat, seperti sistem pendidikan, sistem ekonomi, pergaulan, pidana, sistem politik luar negeri dan sistem pemerintahan. Islam juga mengatur masalah politik, Rasulullah seorang politisi ulung.   Salah satunya, bagaimana kepiawaian beliau membaca peta politik internasional saat itu, dan bisa memetakan kekuatan hingga bisa membuat ketakutan pasukan lawan,“ papar beliau dalam diskusi yang bertajuk Cakupan Islam dan Politik Islam. 

Selanjutnya disampaikan bahwa penerapan Islam Kaffah, hingga bisa membawa Rahmat bagi seluruh alam mutlak diperlukan adanya institusi, yaitu adanya Daulah khilafah Islamiyyah dengan kholifah sebagai pemimpinnya. Salah seorang peserta diskusi menguatkan pernyataan tersebut dengan menganalogkan keberadaan khilafah adalah habitat yang sesuai untuk Islam Kaffah.  “Hukum-hukum Islam tidak bisa diterapkan tanpa ada khilafah, ketika menerapkan Islam dalam sistem bukan Islam yang terjadi seorang muslim dianggap pelaku kriminal.   Hal ini berdasar kejadian seorang pemimpin yang menerapkan hukum sanksi islam pada masa sekarang,” imbuh narasumber.

Di bagian akhir pemaparan, narasumber mengajak peserta untuk melakukan langkah nyata dengan rumus; yakini, pahami dan amalkan. “ Yakini, berarti meyakini tanpa keraguan Islam sebagai aturan dari Allah yang sempurna dan lengkap (Kaffah), Pahami, berarti terus memahami Islam dengan selalu mengkaji islam sehingga pemikiran dan perilaku sesuai Islam, selanjutnya mengamalkan Islam dan menyebarkan ke seluruh masyarakat sehingga terjadi perubahan menuju Islam kaffah yang akan menyelamatkan bumi dari kerusakan.”[Wadah Aspirasi Muslimah]


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!