Real Time PCR Laboratorium Karantina Jayapura Dikalibrasi

RemajaIslamHebat.Com - Sebagaimana yang kita ketahui RT-PCR banyak digunakan didunia medis terkait dengan deteksi DNA atau RNA seperti salahsatu contohnya Puslabfor POLRI yang digunakan dalam deteksi DNA korban kecelakaan serta fungsi lainnya.

Dalam rangka memastikan unjuk kerja suatu alat ukur dapat bekerja dan berfungsi dengan baik serta memiliki tingkat akurasi real Time PCR sesuai dengan standar umum, maka dalam dua hari ini 8-9 November 2017 Laboratorium Karantina melaksanakan kegiatan kalibrasi RT- PCR dengan mendatangkan tim ahli dari salasatu perusahaan penjual alat dan bahan uji serta mampu mengkalibrasi peralatan khusus seperti P-PCR tersebut.

Dari hasil kalibrasi RT-PCR dihasilkan bahwa alat yang dimiliki Laboratorium Karantina Jayapura dalam kondisi normal dengan unjuk kerja sangat baik, dari hasil tersebut maka Laboratorium biomolekuler direkomendasikan untuk segera diajukan pada Komisi Akreditasi Nasional supaya mendapatkan status akreditasi.

Saat ini laboratorium biomolekuler Karantina Jayapura dapat melayani pengujian deteksi Avian Influenza (Flu burung) kedepannya akan dikembangkan untuk deteksi rabies dan deteksi lethal yellowing dan beberapa penyakit strategis lainnya.

Harapan kedepannya Laboratorium Karantina Jayapura dapat memberikan manfaat dan sebagai rujukan pengujian di Papua yang telah dimulai dalam beberapa hari yang lalu serta dapat melindungi negeri dari ancaman hama penyakit hewan dan tumbuhan.[Badan Karantina Pertanian]

Post a Comment

0 Comments