Wednesday, November 22, 2017

Pastikan Kesehatan Kakao Biji dengan Periksa ke Karantina

RemajaIslamHebat.Com - Makassar, (22/11/17). Standar mutu ditentukan sebagai tolak ukur untuk pengawasan pengendalian mutu. Setiap bagian biji kakao yang akan  dilalulintaskan harus  memenuhi  persyaratan standar mutu  yang diawasi oleh lembaga pengawasan terkait yang ditunjuk. Standar mutu biji kakao Indonesia diatur dalam Standar Nasional Indonesia Biji Kakao (SNI  01–2323–1991). Standar ini meliputi definisi, klasifikasi, syarat mutu, cara pengambilan contoh, cara uji, syarat penandaan (labelling), cara pengemasan dan rekomendasi.

Biji kakao adalah sebuah biji yang dihasilkan oleh tanaman kakao/cocoa (Theobroma cacao Linn), yang telah difermentasi, dibersihkan dan dikeringkan. Biji  kakao  yang diekspor dikelompokan berdasarkan  jenis  tanaman, kategori  mutu, dan ukuran serta berat biji. Berdasarkan jenis tanaman, biji kakao dikelompokan menjadi  dua, yaitu jenis kakao mulia (Fine  Cocoa)  dan jenis kakao lindak  (Bulk Cocoa).

Pemiik biji kakao melaporkan komoditasnya kepada petugas karantina Makassar, yang kemudian dilakukan tahapan pemeriksaaan fisik dan pengambilan sampel kakao biji sebanyak 105 kg yang akan dikirim dengan tujuan Bali, melalui kantor Pos Bandara Makassar.[Badan Karantina Pertanian]


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!