Monday, November 20, 2017

More than Unta Merah

Oleh: Yunita Gustirini

"Demi Allah! Sesungguhnya Allah memberi hidayah kepada seseorang dengan perantara kamu adalah lebih baik bagimu dari pada seekor unta merah." (HR Bukhari & Muslim)
.
Perkataan tersebut disabdakan Rasulullah saw kepada Ali bin Abi Thalib ra dalam perang Khaibar. Beliau memerintahkan Ali untuk mendakwahkan Islam dan menyampaikan hak-hak Allah yang harus ditunaikan  manusia.
.
Pada zaman Rasulullah saw, binatang ternak -terutama unta- adalah harta yang bernilai. Unta merah adalah jenis unta terbaik dan mahal, karena badannya yang tinggi, besar dan kuat.
.
Jika dibandingkan dengan zaman now, mungkin setara dengan mobil termahal Mercedes-Benz Maybach S-Class. Sedan ultra mewah Mercy yang diluncurkan pada 2015 lalu, harga jualnya mencapai Rp 5,339 miliar off road. (otomotif.kompas.com)
.
Sabda Rasulullah tersebut sangat menggugah. Hendaklah menjadi pendorong kuat bagi kita untuk ikut menyeru manusia pada Allah dengan hikmah (Islam). Supaya manusia beriman kepada Allah. Hidup tanpa kegelapan jahiliyah, tapi diterangi cahaya Islam yang benderang. 
.
Menyeru bil hikmah (baca: berdakwah) tak hanya secara lisan, tapi juga bisa  melalui tulisan. Sebagaimana perkataan ulama besar Sayyid Quthb (ilmuan, dan sastrawan asal Mesir), "Satu peluru hanya bisa menembus satu kepala. Tapi satu tulisan bisa menembus ribuan bahkan jutaan kepala." Tulisan juga tetap bisa dibaca dan bermanfaat untuk orang banyak, bahkan ketika sang penulis sudah wafat. Tentu akan menjadi pahala yang terus mengalir.
.
Menulis adalah seni menyampaikan kebenaran. Kebenaran akan memadamkan kemungkaran. Walau masih jauh dari baik, teruslah menuliskan kebenaranan. Kelak tulisan kita kan jadi saksi pembela, betapa kita berupaya meninggikan kalimat Allah swt. Berharap Allah meridhoi upaya ini. Sehingga kelak kita layak memohon jannah pada-Nya. Yuk mulai!!

#revowriter
#ideowriter
#belajarnulis
#yuknulis
#TokoKumKum
#201117


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!