Menjadi Guru dan Murid Sepanjang Hayat

Oleh: Yuyun Rumiwati l Forum Muslimah Peduli Generasi dan Peradaban

Hari Guru telah lewat. Namun mencari ibroh atas tiap moment tidak ada kata terlambat. Guru jika dimaknai sebagai profesi formal tentu cukup sempit. Bahkan hari guru pun serasa special untuk mereka yang sedang aktif jadi guru d lembaga pendidikan. Padahal secara luas tidak demikian. Siapa pun yang telah berjasa menyampaikan ilmunya dalam rangka menyampaikan ilminya tentu layak disebut guru. Entah orangbtua kita, ustadz/ah kita dll.

Islam dengan kesempurnaan aturannya secara alami akan mengantarkan seorang muslim sebagai sosok guru. Sebagai muslim ada kewajiban dakwah menyampaikan kebenaran walau satu ayat. "Ballighuu anil walau ayat" (HR. Muslim). Kesadaran ini akan terus melekat sepanjang hayat sebagai seorang muslim. Tak ada kata pensiun dalam penyebar kebaikan. Sehinhga tak ada pensiun menjadi guru bagi umat.

Di sisi lain Islam telah mewajibankan untuk menuntut ilmu (tsaqofah) sejak buaian hingga liang lahat, "Uthlubul ilma minal lahdi ilal mahdi" (HR. Muslim). Perintah ini meniscayakan seorang mukmin tanpa pandang usia untuk terus menuntut ilmu sepanjang hayat. Jadi tidak ada kata alumni dalam mempelajari tsaqofah Islam. Sehingga dia akan berpredikat murid/pembelajar sepanjang hayatnya. Subhanallah.

Kelengkapan aturan Islam akan menjadi spirit bagi seorang muslim untuk terus menjadi pengajar dan pembelajar sepanjang hayat. Menjadi guru sekaligus murid dalam satu waktu. Dengan ini akan menghindarkan seseorang sombong dan bangga diri karena sebagai guru. Karena di satu sisi dia tetap menjadi murid yang butuh terus belajar pada sosok guru. Kata pepatah di atas langit ada langit. Sehingga yak layak bangga dengan keilmuwannya.

Kesadaran ini yang harus dikembalikan di tengah umat. Agar gelar posisi Khoiru Ummah" atau umat terbaik segera terwujud. Kesadaran untuk terus menyampaikan amar ma'ruf nahi munkar dan Kesadaran untuk terus belajar sebagai bekalnya. Kondisi ini akan yerjaga ketika Khilafah sebagai sistem penerap syariat tetwujud. Semoga Alloh menjaga keistiqomahan menjadi pengajar dan pembelajar sepanjang hayat. Aamiin.[]

Post a Comment

0 Comments