Membentuk Koneksi Antar Remaja Masjid

Oleh : Ustadz Pristian Surono Putro

Mengembalikan kehidupan Islam jalannya penuh dengan tantangan. Tantangan ini akan ringan jika diemban bersama-sama, alias Dakwah berjamaah. Masjid sebagai salah satu sentra membangun kekuatan umat mempunyai peranan penting dalam meretas jalan kebangkitan umat. Remaja-pemuda sebagai martir penuh keberanian yang siap berada di garis depan untuk pasang badan menghadapi hujaman peluru Kapitalisme-Sekular. Idealismenya tak tergoyahkan untuk senantiasa tsabat menegosiasikan Ideologi Islam ketengah masyarakat.
-
Salah satu kekuatan Remaja ini berserak di Masjid-masjid. Dan akan menjadi gelombang besar ketika antar remaja masjid ini saling terkoneksi satu sama lain. Forum, jaringan, Badan Koordinasi, dan yang semisalnya menghimpun mereka untuk bersama-sama dalam format gerakan dakwah berjamaah. Dari koneksi ini mengajak remaja masjid lainnya untuk semakin memperluas jaringan. Sehinga memiliki daya dobrak bak bola salju yang semakin membesar.
-
Koneksi antar remaja masjid ini sebelum bergerak lebih jauh, terlebih dahulu harus mempersiapkan sejumlah MAFAHIM pergerakan. Agar dalam perjalanannya nanti seluruh koneksi bisa mempunyai visi ideologis yang sama, dalam fikrah maupun thariqah pergerakan. Apa saja mafahim ini ? Mereka direfresh kembali akan Jalan menuju iman, persoalan Akidah. Disistematisasikan fikrah mereka tentang qada-qadar sehingga mereka beramal dengan sungguh-sungguh. Memberikan peta pemahaman kepada mereka tentang kepemiminan berpikir dalam Islam, termasuk di dalamnya peta konsep antara Ideologi Sekularisme, Sosialisme dan pandamgannya dari sudut pandang Ideologi Islam. Juga tata cara mengemban Dakwah islam, Sistem Islam A to Z, termasuk tentang akhlak. Semua itu terangkum dalam referensi kitab dasar Nidzam Islam.
-
Ideologi Islam yang bersemayam dalam dada para remaja ini membakar akal dan jiwa mereka untuk melakukan duplikasi sehingga akan semakin memperluas koneksi. Membuat berbagai aktifitas penyadaran di masyarakat hingga akhirnya usia mereka masuk di usia dewasa mereka sudah mendapat bekal managemen pergerakan. Fase remaja ini memang singkat, namun mempengaruhi dakwah Islam dimasa-masa yang berikutnya.
-
#SerialPergerakanDakwahRemaja

Post a Comment

0 Comments