Wednesday, November 22, 2017

Khasiat Ginseng Gagal Dinikmati di Surabaya

RemajaIslamHebat.Com - Surabaya (21/11). SobatQ pasti tahu kan akar ginseng? Ya, ginseng  atau yang sering disebut sebagai ramuan ajaib karena memiliki sejumlah manfaat. Ginseng memiliki banyak kandungan bioaktif seperti, saponins, phytosterols, peptides, polysaccharides, asam lemak, polyacetylenes, vitamin, dan mineral. Sehingga ginseng dipercaya dapat mengatasi sejumlah masalah kesehatan seperti megurangi stres mental, merangsang sistem kekebalan dan saraf, mengobati diabetes, mencegah perkembangan kanker, menurunkan kadar kolesterol dan lain sebagainya.
Dengan beragam manfaat tersebut ginseng sangat familiar di dalam kehidupan masyarakat, bahkan ada yang mengirim langsung dari negeri ginseng atau Korea Selatan melalui jasa pengiriman. Sridaleksono sebagai POPT Karantina Surabaya sekaligus penanggungjawab di kantor Pos Juanda yang memeriksa dus/paket tersebut,  menemukan satu kantong ginseng  dan 10 Kg benih padi di dalam dus yang dilapisi plastik.

Pemeriksaan dilakukan setelah mendapatkan informasi dari Juanda Mail Processing (JMP).
Selanjutnya ginseng dan benih padi tersebut ditahan dan diamankan di Karantina Surabaya sebagai upaya untuk melindungi tanaman padi khususnya di Jawa Timur dan sekaligus untuk menyukseskan swasembada beras yang ditargetkan Menteri Pertanian pada tahun.
Apabila benih padi tersebut berhasil ditanam maka berpotensi untuk membawa nematoda (Tylenchorhynchus claytoni), bakteri (Pseudomonas syringae pv syringae, dan virus (Barley stripe mozaic dan Rice dwarf phytoreovirus) yang termasuk golongan A1/belum ada di Indonesia.

Apabila berbagai penyakit tersebut masuk ke Jawa Timur maka dapat merusak lebih dari 1 juta Ha pertanaman padi (Data Satelit Landsat 8 Edisi 32 Periode 14 - 29 Mei 2017) .

Ayo SobatQ lapor karantina apabila mengirimkan komoditas pertanian. Karena sedikit atau banyak risiko menyebarkan penyakit adalah sama.[Badang Karantina Pertanian]


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!