Karantina TB Asahan Lakukan Penilaian Ulang IKT Perkecambahan Biji Kelapa Sawit

RemajaIslamHebat.Com - Instalasi Karantina Tumbuhan (IKT) merupakan tempat beserta segala sarana yang ada padanya yang digunakan untuk melaksanakan tindakan karantina tumbuhan. Suatu tempat dan bangunan dapat ditetapkan sebagai IKT harus memenuhi kelayakan teknis serta sarana pendukung yang dipersyaratkan untuk peruntukkannya sesuai dengan Peraturan Menteri Pertanian Nomor: 73/Permentan/OT.140/12/2012, tentang Persyaratan dan Tata Cara Penetapan Instalasi Karantina Tumbuhan Milik Perorangan atau Badan Hukum.

IKT perkecambahan biji kelapa sawit milik perusahaan perkebunan dan produsen kecambah kelapa sawit ini terakhir kalinya memperoleh SK Perpanjangan Penetapan IKT pada tahun 2015 dan berlaku selama 2 tahun. Sehubungan dengan akan berakhirnya masa penetapan IKT dan berdasarkan permohonan dari perusahaan perkecambahan biji kelapa sawit tersebut, maka dilakukan penilaian ulang IKT tersebut berupa penilaian kembali terhadap aspek administrasi dan kelayakan teknis.

Petugas Karantina TB Asahan: Nani Herlina Situmorang, SP dan Khairunnisa Lubis SP, M.Sc dalam hasil penilaian ulangnya tidak menemukan adanya ketidaksesuaian baik aspek administrasi maupun aspek teknis. Hasil dari evaluasi ini menjadi bahan pertimbangan bagi Badan Karantina Pertanian untuk menetapkan kembali Instalasi Karantina Tumbuhan tersebut.[ Badan Karantina Pertanian]

Post a Comment

0 Comments