Hasil Memuaskan..!! Partisipasi Laboratorium Karantina Balikpapan dalam Uji Profisiensi RBT dan CFT

RemajaIslamHebat.Com - Balikpapan (9/11). Sebagai laboratorium yang telah terakreditasi SNI ISO / IEC 17025 / 2008, Laboratorium Karantina Balikpapan telah berpartisipasi sebagai peserta uji profisiensi yang diselenggarakan oleh Balai Besar Penelitian Veteriner (Bblitvet) Bogor.

Rose Bengal Test (RBT) dan Complement Fixation Test (CFT) untuk penyakit Brucellosis inilah lingkup pengujian yang dilakukan.

Berdasarkan analisis data hasil pengujian oleh Bblitvet, bahwa kinerja Laboratorium Karantina Balikpapan menunjukan Kategori A (memuaskan) pada jenis pengujian RBT dan CFT.  Kategori ini diberikan apabila seluruh hasil pengujian sesuai dengan nilai acuan.

Khusus tentang CFT bahwa ini merupakan jenis uji yang sangat komplek karena prosedurnya sangat dipengaruhi oleh beberapa reagensia serta melalui dua kali tahap reaksi. Hal terpenting dari pengujian ini tentunya juga sangat diperlukan kompetensi dan keahlian para personil Laboratorium guna menghindari kesalahan dalam melakukan titrasi reagen dan pemipetan yang mempengaruhi hasil uji.

Bangga..!! Pasti. Karena ini adalah golden tiket untuk pengajuan penambahan ruang lingkup akreditasi laboratorium.

Selamat ya...[Badan Karantina Pertanian]

Post a Comment

0 Comments