Tuesday, November 21, 2017

Cegah Masuknya Penyakit Hewan dan Tumbuhan, Karantina Gorontalo Lakukan Pemusnahan

RemajaIslamHebat.Com - Gorontalo (21/11). Bertempat di Komplek Instalasi Karantina Hewan Padebuolo, Kota Gorontalo, Karantina Gorontalo melakukan pemusanahan media pembawa hama penyakit hewan karantina (HPHK) berupa hewan, bahan asal Hewan (BAH) dan media pembawa organisme pengganggu tumbuhan karantina (OPTK). Media pembawa tersebut diantaranya 22,9 ton bibit bawang merah asal Surabaya, 12 ekor ayam dan 20 kg daging anjing asal Sulawesi Tengah.

Pemusnahan ini dilakukan karena media pembawa tersebut tidak dilengkapi dengan sertifikat kesehatan dari daerah asal dan tidak dilaporkan kepada petugas karantina di tempat pemasukan. Selain itu, selama masa penahanan pemilik tidak dapat menunjukkan sertifikat kesehatan yang dipersyaratkan, dan yang lebih parah lagi kondisi bibit bawang merah sudah dalam keadaan busuk atau rusak.

Pemusnahan dilakukan oleh pejabat fungsional dan disaksikan oleh Kepala dan pejabat struktral Karantina Gorontalo. Turut hadir perwakilan instansi terkait seperti Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, TP4D, KSOP, KP3 Pelabuhan Kota Gorontalo, PT. Mentari Line dan pemilik barang. Pemusnahan media pembawa OPTK/HPHK merupakan salah satu tindakan karantina yang harus dilakukan sesuai dengan amanat Undang-Undang No. 16 Tahun 1992.

SobatQ, agar tidak terjadi hal serupa, jangan lupa untuk melengkapi persayaratan karantina dan lapor kepada petugas karantina sebelum membawa hewan dan tumbuhan maupun produk turunannya.[Badan Karantina Pertanian]


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!