Bantuan Kemanusiaan Khilafah Utsmaniyah kepada orang Irlandia yang dicekam kelaparan

Mungkin mengejutkan untuk melihat bintang dan bulan sabit di lambang klub sepak bola Irlandia Drogheda, tapi lambang ini memiliki cerita kencan kembali ke kelaparan Irlandia 1847       

Ini dikabarkan bahwa penyair Turki dan diplomat yahya kemal beyatlı kagum pada dukungan delegasi Irlandia terhadap delegasi Turki dibandingkan dengan sikap negatif yang ditampilkan oleh delegasi Eropa selama 1923 Lausanne Perjanjian Perjanjian. Dia kemudian mendapat kesempatan untuk meminta delegasi Irlandia alasan di balik dukungannya. " setiap orang Irlandia seperti aku berkewajiban untuk melakukannya. Kami tidak melihat bantuan dan dukungan dari orang eropa lain ketika kami menderita kelaparan dan kelaparan, berjuang dengan kematian. Tapi nenek moyang anda mengirim kami berdua uang dan kapal makanan. Pada hitungan ini, sejumlah besar orang Irlandia selamat. Kita tidak pernah bisa melupakan tangan manusiawi mencapai kita dalam hari-hari yang sulit," delegasi Irlandia menjawab.

Kenangan pahit       

Di Irlandia, di mana mayoritas orang Katolik, semua tanah berada di tangan sekitar 10,000 Tuan Tanah Inggris, banyak yang tinggal di inggris selama bertahun-tahun. Kepemilikan ini disewa untuk 600,000 petani Irlandia. Karena kepadatan populasi tinggi, sewa tinggi juga. Sebagian besar tanaman diangkut ke inggris. Pada tahun 1845, 1 juta ton biji-bijian dan 258,000 domba diekspor ke inggris. Potongan kecil tanah disewa untuk pekerja untuk upah kecil. Hingga 4 juta petani dan pekerja mengumpulkan kentang, yang merupakan satu-satunya sumber makanan untuk penghidupan mereka.        

Pada tahun 1845, Irlandia menderita kelaparan besar, seperti banyak negara-Negara Eropa. Kelaparan, juga dikenal sebagai kentang kelaparan, adalah salah satu yang paling penting peristiwa dalam sejarah Irlandia. Kelaparan keluar setelah kentang, sumber makanan utama di Irlandia, diracuni oleh jamur mikroskopis bernama " phytophthora infestans," yang dibawa atau datang secara alami dari Amerika. Oleh Karena itu, sepertiga dari tanaman yang hilang pada tahun 1845. ini kerugian mencapai 90 persen di tahun berikutnya.       

Kelaparan mencapai puncaknya pada tahun 1847, ketika lapar Irlandia harus makan benih untuk bertahan hidup. Tahun berikutnya ketika bibit impor digunakan, setengah dari panen terbuang. Meskipun kelaparan berakhir pada tahun 1851, sebagian besar orang Irlandia meninggal atau dipaksa untuk bermigrasi ke Amerika Serikat. Jadi, populasi dari 8 juta berkurang hingga 5 juta. Para migran tidak pernah kembali, tapi meninggalkan cerita sedih dan kenangan di belakang.  

Gerakan besar 

Meskipun ia tidak menerima permintaan, murah hati dan baik Sultan Sultan Abdülmecid memutuskan untuk mengirim 10,000 pound ke Irlandia sebagai sumbangan. Ini adalah isyarat yang mendapatkan Ottoman reputasi di seluruh dunia untuk kemurahan hati. Meskipun Inggris adalah negara terkaya di dunia pada saat itu, Ratu Victoria kurang murah hati untuk dia, Irlandia, dari sultan, dan hanya memberikan 2,000 pound ke Irlandia dalam genggaman kelaparan. Selain itu, untuk melindungi reputasinya, London meminta pemerintah Ottoman untuk mengurangi jumlah £ 1,000 Sultan Kemudian mengirimkan tiga perahu layar penuh makanan, obat dan biji selain 1,000 pound.         

Pada saat itu, Irlandia adalah koloni Britania Raya. Pemerintah Inggris tidak mengijinkan kapal-Kapal Ottoman untuk berlabuh dekat pelabuhan dublin. Kemudian kapal mendekati pelabuhan Drogheda, terletak 30 mil jauhnya, dan menjatuhkan beban di sana.          

Sementara fakta bahwa pemerintah Ottoman memperpanjang bantuan kepada negara miskin, terletak 4,000 kilometer jauhnya, dan kepada orang-orang yang tidak bahkan dari agama mereka sendiri, adalah tindakan yang belum pernah terjadi sebelumnya, itu juga mengherankan mengejutkan bahwa Pemerintah Inggris diblokir membantu negara di bawah kedaulatan.       

Bintang dan crescent pada lambang

Surat penghargaan dari para bangsawan Irlandia dan orang-orang ke Sultan Ottoman berada dalam arsip istana topkapı hari ini.   

Dalam surat ini, ekstrak mengatakan:   

" sebagai bangsawan Irlandia dan orang-orang, kami, yang bertanda tangan, mempersembahkan rasa syukur kami kepada para filantropi dan minat yang diberikan kepada penderitaan dan orang-orang berduka di Irlandia oleh yang mulia [Sultan Abdülmecid], dan Kami ingin berterima kasih kepadanya atas sumbangan yang murah hati £ 1,000 dikirim untuk memenuhi kebutuhan rakyat Irlandia dan meringankan penderitaan mereka."       

Orang Irlandia tidak lupa kebaikan dari Ottoman hidup bermil-mil dari mereka. Didirikan pada tahun 1919, klub sepak bola drogheda menempatkan bintang dan crescent pada emblem mereka.

Pada Mei 2006, munisipalitas drogheda, merayakan ulang tahun ke-800, menaruh plakat rasa syukur di dinding gedung municipal (Hotel hari hari ini), yang menyelenggarakan para pelaut ottoman yang membawa bantuan 150 tahun Yang lalu pada saat itu, untuk menghormati memori insiden ini.        

Beberapa baris pada plakat ini mengungkapkan kemurahan hati yang menggambarkan sejarah kemanusiaan, yang dapat dikatakan dalam volume, dalam beberapa kalimat. Pada Upacara, Drogheda Walikota Alderman Frank Godfrey, menarik perhatian kepada bintang dan bulan sabit di lambang kota, berkata, " saya berharap bahwa plakat syukur akan menjadi simbol persahabatan antara bangsa dua negara." Irlandia ' s Direktur Museum kelaparan yang besar juga menekankan bahwa mereka berterima kasih kepada rakyat Turki dan Kesultanan Ottoman. Meskipun seorang jurnalis Irlandia baru-baru ini mengklaim bahwa sumbangan adalah mitos - tidak ada catatan sumbangan dalam daftar otoritas pelabuhan - menambahkan bahwa bintang dan crescent di kota kota tanggal kembali ke tahun 1210-an, ini Bantuan Dari Ottoman telah mengambil tempatnya dalam hati nurani nasional orang Irlandia.            

Presiden Irlandia Mary Mcaleese, yang mendukung Turki di urusan ue, mengingat kejadian ini ketika dia mengunjungi Turki. " orang-orang Irlandia tidak pernah melupakan kemurahan hati yang langka ini. Simbol di bendera anda, bintang yang indah dan crescent, menjadi simbol kota. Kami bahkan melihat simbol Turki yang indah ini pada seragam tim sepak bola," kata mcaleese.

Diterjemahkan dari tulisan Ottoman humanitarian aid to the Irish gripped by famine      

Post a Comment

0 Comments