Bangun Zona Integritas Menuju WBK/ WBBM, Karantina Surabaya Dinilai Kemenpan RB

RemajaIslamHebat.Com - Surabaya (16/11). SobatQ tahu ngga yang dimaksud WBK/WBBM ? WBK/WBBM atau Wilayah Bebas Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani merupakan predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar program pada WBK (Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Sistem Manajemen SDM,Penguatan Akuntabilitas Kinerja, dan Penguatan Pengawasan) ditambah dengan program penguatan kualitas pelayanan publik.

Kelima program WBK yang ditambah program penguatan kualitas pelayanan publik tersebut selanjutnya disebut komponen pengungkit.

Untuk dapat meraih WBK/WBBM, suatu unit kerja harus berpredikat WBK terlebih dahulu. Karantina Surabaya telah mendapat predikat WBK dari Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian (Kementan) sejak tahun 2013.  Tahun ini Karantina Surabaya menjadi salah satu dari 6 (enam) Unit kerja lingkup Kementerian Pertanian yang dinominasikan untuk meraih WBK/WBBM. 

Menurut Agus Harsono, AK.MM selaku ketua tim penilai dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menyatakan terdapat dua komponen yang harus dibangun oleh instansi pemerintah dalam pembangunan zona integritas menuju WBK/WBBM, yaitu: komponen pengungkit dan komponen hasil.

Komponen pengungkit inilah yang akan dinilai di Karantina Surabaya setelah melalui tahap penyerahan bukti fisik dan presentasi Ekspose ZI menuju WBK/WBBM pada 6 November 2017 di Ruang Rapat - Kementan.

Selain memastikan dan melakukan penilaian kelengkapan dokumen komponen pengungkit pada 13 November 2017 di Aula Unit Pelayanan I - Surabaya, Agus Harsono dan Achmad Yunus SE didampingi oleh Kepala Karantina Surabaya Dr. Ir. Musaffak Fauzi, SH, MSi juga melakukan kunjungan /penilaian di konter pelayanan.

Tim Kemenpan RB juga  melihat secara langsung implementasi inovasi pelayanan (QCAK) di Unit Pelayanan I Bidang Karantina Tumbuhan, Unit Pelayanan II
Bidang Karantina Hewan, dan Unit Pelayanan III Cargo Bandara Juanda - Sidoarjo.[Badan Karantina Pertanian]

Post a Comment

0 Comments